air terjun lepo

Air Terjun Lepo, Kembaran “Erawan Falls Thailand” di Bantul Yogyakarta

Air Terjun Lepo Dlinggo Bantul. Ketika berkunjung ke Thailand, tempat menarik apa saja yang biasanya Anda kunjungi? Sudahkah Anda berwisata alam di Negara Gajah Putih tersebut?

Bicara masalah wisata alam, ketika sedang berada di Thailand, Anda dapat berkunjung ke Taman Nasional Erawan. Primadona di dalam cagar alam ini tentu saja adalah Air Terjun Erawan yang memiliki 7 tingkat air terjun dan kolam jernih berisi banyak ikan yang berenang bebas.

Terletak di Provinsi Kanchanaburi, Air Terjun Erawan sangat diminati oleh banyak wisatawan, terutama karena kejernihan airnya yang membuatnya terlihat berwarna biru. Namun, bukan objek wisata tersebut yang akan kami bahas di sini. Kami akan membahas kembaran Air Terjun Erawan yang berada di Yogyakarta, yaitu Air Terjun Lepo.

Apa Yang Menarik di Air Terjun Lepo

Anda pasti kepo dengan nama Air Terjun Lepo sendiri. Berlokasi di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul. Lepo sendiri merupakan kependekan dari Ledok Pokoh atau Lembah Pokoh. Memang, air terjun ini terdapat di rerimbunan lembah dusun Pokoh. Bukan hanya menikmati keindahan air terjun, di lokasi ini, Anda juga dapat berenang dengan bebas di kolam-kolam air yang berada di bawah air terjun.

Mengapa disamakan dengan Air Terjun Erawan yang berada di Thailand? Sekilas memang mirip, karena di Air Terjun Lepo terdapat 4 tingkat kolam alami dan dihubungkan oleh 3 air terjun. Masing-masing kolamnya memiliki kedalaman yang sangat beragam.

Pada tingkat pertama, air terjun dikelilingi oleh tebing batuan kapur dengan bentuk yang sangat unik. Kolam pada air terjun ini jernih dan tidak terlalu dalam. Anda dapat menikmati air terjun pertama ini layaknya air terjun pribadi. Tingkat pertama merupakan air terjun yang paling cantik dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Di tingkat kedua, Anda dapat menemukan bebatuan kapur yang lebih unik daripada yang terdapat di air terjun pertama. Bentuknya yang berupa balok sangat mirip dengan pahatan tangan manusia. Padahal, semuanya murni hasil dari buatan alam.

Pada tingkat terakhir, Anda dapat menikmati keindahan alami dari Air Terjun Lepo. Kolam pada air terjun terakhir ini cukup dalam dan luas, sekitar 2 meter. Air yang berada di kolam-kolam yang ada juga sangat jernih dan berwarna biru muda, persis seperti air yang terdapat di kolam-kolam Air Terjun Erawan.

Serunya lagi, Anda dapat bebas bermain di kolam yang ada di Air Terjun Lepo ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa baju ganti ketika akan berkunjung ke tempat ini. Pastinya, Anda akan puas bermain air yang jernih dan segar.

Air Terjun Lepo memang masih menjadi wisata alternatif yang berada di daerah Bantul. Belum ada pengelolan dari pemerintah daerah setempat, operasional objek wisata ini masih dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) setempat. Maka dari itu, untuk masuk ke dalam kawasan wisata ini, pengunjung hanya dimintai tarif seikhlasnya saja oleh pengelola.

Karena belum dikelola secara resmi, masih banyak juga warga sekitar air terjun yang bermain bebas di kolam-kolam yang ada. Kebanyakan dari mereka merupakan anak-anak. Mereka tidak akan sungkan ketika diajak bermain air bersama dengan para wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas Air Terjun Lepo

Untuk ukuran wisata alternatif, Air Terjun Lepo memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas yang disediakan di tempat tersebut di antaranya adalah:

  • Kamar mandi dan toilet untuk tempat Anda membilas badan setelah puas bermain air di kolam.
  • Warung-warung makan yang menyediakan beragama makanan ringan untuk mengganjal perut yang lapar dan minuman hangat untuk menghangatkan tubuh yang dingin.
  • Aula sederhana yang dapat digunakan sebagai tempat Anda dan teman-teman berkumpul.
  • Tempat penyewaan pelampung dan tikar untuk kenyamanan Anda berkunjung dan bermain di area Air Terjun Lepo.

Karena masih dikeola oleh Pokdarwis, maka fasilitas yang ada di Air Terjun Lepo ini belum sepenuhnya selesai dibangun. Hal ini terutama karena dana yang didapat oleh pengelola. Kawasan wisata ini juga disebut sebagai pelopor pengembangan pariwisata berbasis pedesaan di daerah Dlingo. Saat ini, telah ada beberapa desa yang mengikuti konsep tersebut dengan mengembangkan potensi wisata yang dimiliki.

Rute Menuju Air Terjun Lepo

Untuk dapat ke lokasi ini, jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda dapat melalui Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan hingga sampai ke pertigaan di selatan Pasar Imogiri. Ambil jalan sebelah kiri, lurus, kemudian ambil arah kanan menuju Kebun Buah Mangunan di Dlingo. Di persimpangan jalan Mangunan, ambil jalan ke pusat Kecamatan Dlingo atau Pasar Dlingo. Sebelum masuk ke area pasar, belok ke kanan dan ikuti papan petunjuk arah ke Air Terjun Lepo.

Jalan yang menuju ke Kecamatan Dlingo memang sudah diaspal, sehingga sangat mudah untuk dilalui oleh kendaraan bermotor. Namun, untuk jalan yang melewati perkampungan penduduk, kondisinya masih sempit dan berupa cor semen. Untuk sementara, hanya kendaraan pribadi saja yang bisa sampai tempat ini. Belum ada kendaraan umum yang sampai ke tempat ini.

Untuk parkir, disediakan tempat parkir yang merupakan halaman rumah penduduk yang ada di sekitar lokasi wisata. Petugas parkir yang ada cukup pandai mengatur dan menata kendaraan sehinga dapat tersusun rapi dan muat untuk banyak kendaraan.

Perjalanan untuk sampai ke air terjun tidak berhenti begitu saja. Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 100 meter. Karena berada di lembah, jalan yang menuju air terjun sangat rimbun ditumbuhi oleh pepohonan dan menciptakan suasana sejuk. Anda tidak perlu khawatir kulit Anda tersengat panasnya sinar matahari.

Seperti layaknya objek wisata lainnya, Air Terjun Lepo juga sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan dan hari libur nasional tiba. Kebanyakan, pengunjung yang datang berasal dari luar kota yang penasaran akan keindahan dan keasrian dari kembaran Air Terjun Erawan ini. Selain digunakan sebagai tempat wisata, Air Terjun Lepo juga digunakan sebagai tempat outbond para siswa-siswa sekolah setempat.

Meskipun memakan jarak tempuh yang cukup lama dari pusat kota Yogya, Anda akan merasa terpuaskan ketika sampai dan melihat langsung keelokan yang ada dari air terjun ini. Rasa letih dan lelah hilang seketika saat Anda mulai asyik bermain air di bawah gemercik air terjun. Udara yang sejuk juga membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang.

Saat berkunjung ke Air Terjun Lepo, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Karena medan yang dilalui licin dan teksturnya yang bebatuan, hindari menggunakan alas kaki berhak. Untuk kenyamanan, pilihlah sandal gunung yang lebih mudah digunakan di medan seperti itu. Bawa juga baju ganti yang cukup dan mudah dipakai. Jumlah kamar mandi yang terbatas membuat pengunjung antri untuk bergantian memakainya.

Jaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena tergolong ke dalam wisata alam, Anda juga dilarang keras untuk merusak segala sesuatu yang ada di lingkungan Air Terjun Lepo.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment