bukit bintang jogja

Bukit Bintang Jogja, Cara Lain Menikmati Landscape Kota Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu lukisan alam paling indah di Indonesia. Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang membuat seseorang ingin kembali ke sana. Itulah yang terjadi di Bukit Bintang Jogja. Sekali saja, Anda bertandang ke sana, seumur hidup Anda bisa merindukannya.

Asal Mula Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja memiliki nama asli Bukit Hargo Dumilah. Bukit Bintang merupakan konsep wisata di kawasan perbukitan yang mengandalkan panorama alam. Dulu, kondisi Bukit Bintang gersang dan liar. Lalu, pada tahun 2004, masyarakat membangun sebuah benteng di sana. Benteng itu digunakan sebagai tempat istirahat para penjelajah yang melewati kawasan Bukit Bintang.

Sayangnya, benteng itu runtuh ketika gempa di Yogyakarta pada tahun 2006. Penduduk sekitar kehilangan tempat tinggalnya. Berawal dari peristiwa itulah, penduduk mulai membangun bangunan-bangunan di atas Bukit Bintang. Lambat laun, bukit ini pun makin ramai dikunjungi wisatawan.

Sebenarnya, nama Bukit Bintang merupakan pemberian dari anak-anak muda yang sering berkunjung ke sana. Mulanya, hanya kalangan tertentu yang mengenal nama itu. Tapi, seiring berjalannya waktu, nama Bukit Bintang semakin dikenal.

Bukit Bintang Jogja terletak di perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Lokasinya berada di atas bukit dengan ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Itulah sebabnya, udara di Bukit Bintang terasa sejuk, bahkan cenderung dingin ketika malam hari.

Bukit Bintang Jogja termasuk dalam kompleks perbukitan Gunung Kidul. Tempat ini berjarak 30 km dari Kota Yogyakarta. Anda memerlukan waktu sekitar satu jam untuk mencapai lokasinya.

Kalau ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus yang menuju Jalan Wonosari. Kemudian, dari Jalan Wonosari, Anda harus menumpang bus jurusan Bukit Bintang.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tetap waspada saat berkendara. Pasalnya, medan jalan ke Bukit Bintang berkelok-kelok dan banyak tanjakan curam. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat, karena kawasan wisata Bukit Bintang berada di pinggir jalan utama.

Pintu Masuk ke Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang merupakan salah satu kawasan wisata gratis di Yogyakarta. Artinya, Anda bebas masuk ke kawasan ini tanpa biaya tiket. Lain halnya kalau Anda membawa kendaraan pribadi, Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk biaya parkir. Karena letaknya di pinggir jalan, tidak ada gerbang seperti halnya kawasan wisata lain di Yogyakarta. Saat tiba di sana, Anda langsung berhadapan dengan tebing yang dipenuhi kursi beton.

Pemandangan dari Bukit Bintang Saat Malam Hari

bukit-bintang-yogyakarta

Matahari berangsur tenggelam. Semburat warna jingga menyembul di balik awan. Perlahan ratusan cahaya itu meredup dan meninggalkan bayangan hitam. Langit pun menggelap, lalu titik-titik bintang yang terang mulai bermunculan. Tapi, tiba-tiba, ada pendar cahaya yang mengalahkan gemerlapnya.

Mulanya, cahaya itu hanya satu. Kemudian, semakin meluas seiring gelap yang semakin pekat. Begitulah pemandangan di Bukit Bintang Jogja. Siapa pun terkesima menyaksikan fenomena alam itu di langit Yogyakarta.

Bukit Bintang Jogja, sebuah tempat yang menyuguhkan pemandangan Kota Yogyakarta saat malam tiba. Lampu-lampu kota bersinar dan membentang seperti lautan. Panorama ini bukan dongeng semata, karena Anda bisa menyaksikannya dari Bukit Bintang Yogyakarta.

Kursi beton panjang berjajar yang di sepanjang Bukit Bintang menjadi saksi bahwa keindahan malam di sana begitu nyata. Kalau Anda ingin menikmati malam di Bukit Bintang dengan cara yang lebih elegan, silakan bertandang ke Bukit Indah Resto dan Hotel.

Bukit Indah Resto merupakan restoran bergaya klasik Eropa. Bagian belakang resto ini dibiarkan terbuka sehingga Anda bebas menikmati panorama malam. Embusan angin yang sejuk dan keheningan malam merupakan suasana damai yang tidak bisa tergantikan.

Selain itu, Anda juga bisa menginap di Bukit Indah Hotel yang terletak di bibir Bukit Bintang. Balkon kamar di hotel ini dibangun menjorok ke luar sehingga Anda merasa berdiri di tebing Bukit Bintang. Pemandangan dari hotel ini pun tidak kalah cantiknya. Anda bisa duduk sepanjang malam di balkon sambil memandang lautan bintang.

Dinner Romantis di Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja - Romantic Dinner

Anda punya pasangan? Bukit Bintang adalah tempat terbaik untuk dinner bersama pasangan. Banyak kafe dan restoran yang berdiri di sana. Soal harga, jangan khawatir, Anda bisa memilih tempat sesuai dengan bujet.

Salah satu tempat dinner favorit, yaitu di Bukit Indah Resto. Restoran ini menyediakan tempat yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, menu makanannya lebih bervariasi dan harganya terjangkau.

Kalau ingin lokasi dinner murah meriah, Anda bisa memilih salah satu warung yang berjajar di sekitar Bukit Bintang. Warung-warung itu menyediakan berbagai menu, mulai dari pecel lele, bebek goreng, sampai dengan mi rebus.

Penginapan di Bukit Bintang Jogja

Anda ingin mendapatkan penginapan murah di Bukit Bintang? Sejak gempa tahun 2004, Bukit Bintang makin ramai sehingga banyak hotel yang didirikan di sekitarnya. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

  • Hotel Bukit Indah

Tarif kamar di hotel ini termasuk murah. Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp200.000,00-Rp300.000,00 untuk menginap semalam. Pemandangan di sini sangat menarik karena berada di bibir jurang. Anda juga mendapatkan fasilitas internet dan sarapan kalau menginap di Hotel Bukit Indah.

  • Hotel Anggraeni

Hotel Anggraeni terletak di Wonosari. Hotel ini cocok untuk para backpacker karena tarif per malamnya hanya Rp40.000,00. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Bukit Bintang. Anda tetap bisa menikmati keindahan malam dan pagi hari di Bukit Bintang.

  • Hotel Puri Damai

Meskipun hotel kelas melati, tapi fasilitas kamar yang disediakan cukup memadai. Hotel ini cocok untuk Anda yang memiliki bujet terbatas. Harga per kamarnya hanya Rp50.000,00 per malam. Hotel ini berlokasi di Wonosari.

Panorama dari Bukit Bintang di Pagi Hari

Perlahan, muncul sorot cahaya di ufuk timur. Satu per satu, lautan lampu menghilang. Cahaya pun digantikan. Lalu, suara ayam berkokok terdengar sebagai penanda alam, bahwa malam telah berganti siang.

Panorama dari Bukit Bintang tidak hanya indah di malam hari, tetapi juga ketika pagi hari. Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Bandara Adi Sucipto pun terlihat jelas dari tempat ini.

Saat malam, Anda melihat lautan lampu, tapi menjelang pagi Anda disuguhi bentang alam yang hijau. Gedung-gedung di Kota Yogyakarta tampak kecil seperti deretan rumah kurcaci. Lalu, hamparan laut terlihat makin biru dari kejauhan.

Pemandangan yang tidak kalah menarik, yaitu saat pesawat mendarat di Bandara Adi Sucipto. Awalnya badan pesawat menyembul dari balik awan. Lalu, roda-roda pesawat mulai terlihat dan perlahan pesawat meluncur di atas jalan beraspal.

Bukit Bintang Jogja kian dikenal masyarakat Indonesia. Pesonanya layak disejajarkan dengan Puncak Bintang Bandung, Bukit Gombel Semarang, dan Puncak Bogor. Pergi ke tempat ini adalah cara lain untuk menikmati keindahan alam semesta.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment