Gua Pindul Jogja

Seru-seruan Sepuasnya di Gua Pindul Jogja

Gua Pindul Jogja merupakan objek wisata yang berupa gua bawah tanah yang dapat Anda telusuri dengan memanfaatkan aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Gua Pindul Jogja dibuka sebagai objek wisata resmi pada tahun 2010 oleh Pokdarwis setempat.

Ide untuk membuka Gua Pindul sebagai tempat wisata untuk umum ini dicetuskan oleh mahasiswa UGM Yogyakarta ketika sedang melakukan KKN di Desa Gelaran. Terpesona dengan keindahan gua bawah tanah tersebut, mereka kemudian mengusulkan agar Gua Pindul dapat dibuka sebagai objek wisata untuk umum.

Menanggapi gagasan dari para mahasiswa tersebut, pihak Pemerintah Daerah kemudian melakukan riset lebih jauh tentang kelayakan Gua Pindul untuk menjadi sebuah tempat wisata. Baru pada tanggal 10 Oktober 2010, Gua Pindul Jogja diresmikan sebagai objek wisata minat khusus.

Dulunya, sebelum diresmikan menjadi sebuah objek wisata, Gua Pindul hanya dijadikan warga sekitar untuk melakukan aktivitas seperti mencuci dan mandi saja. Masyarakat saat itu belum menyadari potensi wisata yang sangat besar dari keberadaan Gua Pindul. Aktivitas-aktivitas warga seperti di atas, kali ini sudah dilarang untuk dilakukan. Gua Pindul kini murni hanya digunakan sebagai sarana pariwisata saja.

Pesona keindahan Gua Pindul juga membuatnya disakralkan oleh penduduk yang tinggal di dekat lokasi tersebut. Namun saat ini, meski masih dianggap sakral, Anda masih tetap dapat menyusuri Gua Pindul dengan aman dan nyaman. Pengunjung yang datang dan menjajal atraksi wisata yang ada, selalu didampingi oleh pemandu dan diberikan alat pengaman khusus.

Sejarah Gua Pindul Jogja

Nama Pindul sendiri diambil dari kalimat pipi kebendul atau dalam bahasa Indonesia berarti pipi yang terbentur. Hal tersebut tidak lepas dari sejarah asal usul Gua Pindul yang menceritakan perjalanan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani dalam mencari bayi laki-laki, cucu dari Panembahan Senopati, raja pertama Kerajaan Mataram Islam.

Mereka berdua diperintahkan untuk membunuh sang bayi. Namun, ketika sudah menemukan bayi tersebut, mereka justru tidak mau untuk membunuh bayi yang tidak berdosa itu. Kedua abdi Panembahan Senopati tersebut kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Gunungkidul yang berada di Timur.

Dalam perjalanan, bayi tersebut terus menangis tanpa bisa didiamkan. Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani kemudian memutuskan untuk memandikan sang bayi. Sambil menggendong bayi, Ki Juru Mertani kemudian menaiki salah satu bukit. Dengan kesaktiannya, dia menjejakan kaki di atas bukit dan seketika muncul lubang dari bekas tanah yang dia injak. Di bawah lubang tersebut mengalir air sungai yang jernih.

Sang bayi lalu dimandikan di dalam gua. Ketika dimandikan, tidak sengaja pipi sang bayi terbentur  dengan batu yang ada di dalam gua. Dalam Bahasa Jawa disebut kebendul. Oleh karena itu, gua bekas sang bayi dimandikan dinamakan Gua Pindul (Pipi Kebendul).

Apa yang Menarik di Gua Pindul Jogja

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter. Anda dapat menyusurinya dalam waktu 40-60 menit dengan cara cave tubing. Di dalamnya, Anda dapat melihat susunan batuan stalagtit dan stalagmit. Terdapat banyak stalagtit dengan susunan yang sangat menarik.

Spot yang paling menarik saat menyusuri Gua Pindul adalah ketika Anda melewati The Hidden Paradise of Jogja. Spot ini berupa cahaya matahari yang masuk dari lubang di atas gua. Setelah melewatinya, Anda telah sampai di gua vertikal yang mengakhiri penjelajahan.

Apa saja kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Gua Pindul Jogja ini? Berikut daftarnya:

Cave Tubing Gua Pindul ( Susur Gua )

Gua Pindul Jogja - Susur Gua Pindul

Kegiatan ini dilakukan dengan menyusuri gua menggunakan sebuah ban dan dilengkapi dengan jaket pelampung. Ban yang digunakan sudah dimodifikasi dengan diberi pengait di bagian tengahnya yang berfungsi sebagai tempat duduk bagi Anda yang menggunakannya.

Jaket pelampung sendiri berfungsi sebagai peralatan keselamatan untuk mencegah Anda tenggelam di sungai yang sedang dilalui. Ada 3 jenis ban yang dapat Anda pilih sesuai dengan ukuran tubuh. Ada ukuran kecil untuk anak-anak, sedang untuk orang dewasa, dan jumbo untuk orang dengan ukuran badan besar.

Sebelum melakukan cave tubing, Anda wajib menghubungi operator tempat wisata untuk mendapatkan brief dan pendampingan keselamatan.

River Tubing Sungai Oyo ( Susur Sungai )

Gua Pindul Jogja - Susur Sungai Oyo

River Tubing Kali Oyo merupakan kegiatan favorit kedua para wisatawan setelah mengunjungi Gua Pindul Jogja. Jaraknya kurang lebih 1 Km dari Gua Pindul. Atraksi ini dilakukan dengan menyusuri sungai oyo dengan peralatan yang sama seperti saat cave tubing.

Bedanya, river tubing ini dilakukan di area sungai yang terbuka dan menyatu dengan alam. Pemandangan yang dapat dinikmati juga sangat berbeda. Selain river tubing, Anda juga dapat melakukan rafting di lokasi ini. Sayangnya, rafting hanya bisa dilakukan pada saat musim hujan, ketika debit air sungai tinggi.

Salah satu pemandangan istimewa yang bisa didapatkan saat river tubing adalah pemandangan air terjun yang dapat ditemui di tengah perjalanan. Air terjun ini berasal dari sungai yang mengalir di dalam Gua Pindul. Anda bisa berhenti sejenak dan mandi di bawah air terjun atau melompat dari atas.

Offroad Gua Pindul

Gua Pindul Jogja - Offroad Goa Pindul

Selain menyusuri sungai dan gua, anda juga dapat menjelajahi alam di sekitar Desa Bejiharjo dengan menggunakan mobil 4×4 atau yang kita kenal dengan Offroad. Dalam kegiatan ini anda akan diajak menikmati keindahan alam dan akan melewati berbagai macam tantangan dalam perjalanan.

Disini anda akan melewati hutan kayu putih, sungai kering dan juga perbukitan yang menantang adrenalin anda. Selain itu juga, mobil akan melewati sungai dengan ketinggian air hampir sama dengan ban mobil.

Jika anda hanya ingin menikmati keindahan alam tanpa harus melewati rintangan, anda juga dapat memesan untuk paket keluarga. Disini anda akan diajak untuk berkeliling pedesaan, kemudian mengenal hutan kayu putih ( tumbuhan penghasil minyak kayu putih ), melewati sungai yang landai, dan berbagai keindahan alam lainnya.

PAKET WISATA

Bagi Anda yang ingin hemat dan lebih puas, Anda dapat mengambil paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent yang melayani. Paket ini biasanya terdiri dari banyak pilihan atraksi sekaligus konsumsi. Paket wisata ini juga cocok digunakan untuk sarana outbond.

Selain hemat, pemilihan paket wisata juga sangat praktis dan tidak memakan banyak waktu. Paket wisata yang ditawarkan juga sudah termasuk fasilitas yang ada. Anda tidak perlu lagi menyewanya.

Penginapan di Gua Pindul Jogja

Bagi yang belum puas berwisata ke Gua Pindul Jogja, Anda bisa memanfaatkan fasilitas akomodasi yang ada. Anda dapat menginap di tempat singgah atau home stay. Tempat singgah ini merupakan rumah-rumah warga sekitar yang memang disediakan khusus untuk para wisatawan agar dapat menginap dan beristirahat.

Meskipun hanya rumah penduduk, kenyamanan dan kebersihannya terjamin. Biayanya juga cukup terjangkau dan disediakan sarapan pagi. Tidak kalah dengan hotel-hotel lainnya, bukan?

Sebelum berkunjung ke Gua Pindul Jogja, ada baiknya Anda menyiapkan kondisi fisik yang prima. Karena rangkaian atraksi yang ada sangat menguras tenaga. Jika tidak dalam kondisi fisik yang prima, bisa saja badan Anda menjadi drop karena terlalu lelah.

Harga Tiket Masuk Gua Pindul Jogja

Gua Pindul Jogja berada di Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Harga tiket masuk susur gua pindul Jogja yang ditawarkan sekitar Rp 35.000,00 per orang, sedangkan untuk biaya untuk kegiatan River Tubing Sungai Oyo sebesar Rp 45.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan, seperti : baju pelampung, sepatu karet, pemandu dan juga teh hangat yang akan menemani anda ketika istirahat.

Sedangkan untuk paket Offroad Gua Pindul, anda hanya dikenakan biaya Rp 350.000 – Rp 450.000 / mobil dengan maksimal penumpang 3 orang. Untuk tempat singgah atau penginapan, dikenakan tarif sekitar Rp50.000,00 per orang per malam.

Untuk paket wisata sendiri harga yang ditawarkan tergantung dari paket yang dipilih, dimulai dari harga Rp100.000,00 – Rp 150.000 per orang.

Cari tahu informasi detail terlebih dahulu sebelum berangkat. Cari rute perjalanan tersingkat dengan medan yang mudah dilalui. Bila perlu, gunakan jasa pemandu yang dapat membantu Anda untuk sampai di lokasi dengan mudah.

Seru, bukan? Nah, bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke Gua Pindul Jogja, jadwalkan segera untuk bisa menikmati pengalaman menyusuri gua dan sungai dengan pemandangan yang fantastis.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment