kalibiru jogja - pemandangan waduk sermo

Kalibiru Jogja, Surga Kecil di Atas Bukit Kulonprogo

Siapa yang tidak mengenal Kota Jogja? Jogja atau Yogyakarta merupakan destinasi wisata favorit di Indonesia. Ragam destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu wisata alam, wisata belanja, kuliner, dan wisata budaya. Itulah sebabnya, Yogyakarta mendapat julukan surganya para pelancong, karena hampir semua lokasinya memiliki keindahan yang tiada tara.

Kalibiru Jogja merupakan salah satu lokasi wisata di Yogyakarta yang berhasil menyita perhatian para pelancong. Objek wisata yang satu ini berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Awalnya, Kalibiru adalah kawasan hutan yang tandus. Lalu, masyarakat setempat berinisiatif untuk mengelolanya. Lambat laun, kawasan Kalibiru berkembang menjadi lanskap alam yang indah dan menakjubkan.

Kalibiru Jogja berjarak 40 km dari Kota Yogyakarta dan 10 km dari ibukota Kabupaten Kulon Progo. Kalau Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Cukup lama, bukan? Tapi tidak perlu khawatir, karena sepanjang jalan Anda akan disuguhi panorama alam yang mengagumkan.

Kalibiru Jogja terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Permukaan tanah Kalibiru yang bergelombang menjadi salah keunikan kawasan ini. Selain itu, Kalibiru Jogja diselimuti udara segar yang dapat Anda hirup setiap saat.

Bagaimana Transportasi ke Kalibiru Jogja?

Anda dapat menggunakan sarana transportasi umum untuk berwisata ke Kalibiru Jogja, seperti bus dan kereta api. Kalau memilih bus, Anda harus pergi ke terminal Giwangan dan mencari bus jurusan Kota Wates. Sementara kalau Anda ingin naik kereta api, Anda bisa pergi ke Stasiun Tugu dan menumpang kereta api jurusan Stasiun Wates. Setelah tiba di Kota Wates, Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantarkan ke Kalibiru.

Bagi Anda yang enggan menggunakan jasa transportasi massal, silakan memanfaatkan jasa sewa mobil di Jogja. Anda cukup mengeluarkan Rp 300.000,00 sampai Rp 500.000,00 untuk sekali kunjungan. Nah, kalau pakai kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakannya karena lebih nyaman dan menyenangkan. Tapi, Anda harus memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan normal.

Ada dua rute yang bisa Anda lewati, yaitu rute Sermo dan Clereng. Rute Sermo melewati Sentolo, Pengasih, alun-alun Wates, Beji, dan Waduk Sermo. Setelah Waduk Sermo, Anda akan memasuki kawasan Kalibiru. Sementara itu, rute Clereng akan melalui Sentolo, Pengasih, Clereng, dan langsung Kalibiru. Pada dasarnya, kedua rute ini menjamin kenyamanan perjalanan Anda. Tapi, Anda akan lebih cepat sampai ke Kalibiru kalau melewati rute Clereng.

Gerbang Kalibiru Jogja

kalibiru jogja - tiket masuk

“Selamat datang di wisata alam Kalibiru”, itulah kalimat pertama yang menyambut kedatangan Anda di sana. Selanjutnya, Anda akan melintasi jalan menanjak yang mengarah ke tempat penjualan tiket. Anda cukup menyediakan biaya Rp10.000,00 per orang untuk masuk ke kawasan wisata Kalibiru. Kalau membawa kendaraan pribadi, Anda harus membayar parkir Rp5.000,00 untuk mobil dan Rp2.000,00 untuk sepeda motor.

Setelah memarkirkan kendaraan dan membeli tiket, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki. Medan yang akan Anda lewati tidak berat karena sudah berupa jalan setapak yang berbentuk tangga. Lain halnya kalau Anda tidak terbiasa berjalan kaki, mungkin sedikit melelahkan. Tapi, rasa lelah itu terbayar ketika Anda melihat keelokan panorama yang mengelilingi Kalibiru.

Mengintip Pesona Waduk Sermo dari Gardu Pandang

kalibiru jogja - pemandangan waduk sermo

Inilah salah satu fasilitas wisata di Kalibiru yang paling banyak didatangi wisatawan. Gardu pandang, begitulah mereka menyebutnya. Gardu pandang terletak di atas pohon pinus. Pohon pinus tersebut berdiri di tepi jurang. Itulah sebabnya, di setiap gardu pandang ada penjaga yang membantu pengunjung naik ke atas.

Gardu pandang di Kalibiru bentuknya beraneka macam. Ada yang berbentuk panggung, hati, dan bulat. Gardu pandang ini cukup tinggi sehingga Anda dapat menikmati keindahan Waduk Sermo dari kejauhan. Waduk Sermo dikelilingi perbukitan Menoreh yang hijau. Airnya tampak jernih berpayung awan putih. Kalau cuaca cerah, Anda bisa melihat dengan jelas lima gunung di Pulau Jawa dari gardu pandang.

Anda gemar berfoto? Gardu pandang merupakan tempat yang cocok untuk mengabadikan pose terbaik Anda. Dengan latar belakang Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh yang eksotis, foto Anda menjadi lebih cantik. Anda cukup membayar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 untuk menaiki gardu pandang ini. Cukup murah, bukan?

Uji Nyali dengan High Rope

tempat-wisata-alam-di-jogja-jembatan-monyet-kalibiru-jogja

Anda ingin menguji adrenalin? High Rope adalah pilihan yang tepat. Ada dua jenis High Rope yang dapat Anda pilih, yaitu Flying Fox dan jembatan dua tali.

Flying Fox merupakan permainan yang mengandalkan sling baja untuk meluncur dari sebuah pohon. Soal keselamatan, Anda tidak perlu khawatir, karena permainan ini dipandu oleh seorang instruktur andal. Selain itu, Anda akan dilengkapi dengan helm, carmantel, pulley, harnes, carabiner, dan lain-lain.

Permainan lainnya yang tidak kalah menantang yaitu jembatan dua tali. Dalam permainan ini, Anda harus melintas di atas jembatan yang terbuat dari bilah-bilah kayu. Jarak antar bilah kayu agak renggang sehingga Anda harus berhati-hati. Anda bisa berpegangan pada tali yang dipasang di kedua sisi jembatan agar tetap seimbang. Seperti halnya permainan Flying Fox, Anda juga harus mengenakan perlengkapan khusus untuk menjaga keselamatan.

Kedua permainan ini melatih keberanian dan ketegasan Anda dalam mengambil keputusan. Jadi, Anda harus menghilangkan rasa takut kalau ingin merasakan sensasinya. Hanya dengan biaya Rp25.000,00, Anda sudah bisa menikmati permainan ini.

Menjelajah Alam Kalibiru dengan Berjalan Kaki

Anda enggan mengantre di gardu pandang? Anda bisa menyusuri area Kalibiru melalui jalur tracking. Ada dua pilihan jarak yang dapat Anda tempuh, yaitu jarak 2-3 km dan 4-5 km. Anda tidak perlu membayar biaya apa pun untuk memasuki area ini.

Jalur tracking di Kalibiru didominasi tanjakan dan tikungan. Tapi, jalur tersebut telah dibuat jalan setapak yang dilapisi ubin dan semen sehingga aman dan mudah dilewati. Sepanjang jalur Anda akan disuguhi panorama hutan dan pegunungan yang menyegarkan pandangan. Ketika sampai di ujung jalur, Anda bisa beristirahat di pendopo berbentuk joglo yang disediakan.

Menikmati Malam Hari di Kalibiru Jogja

Kecantikan alam Kalibiru semakin tampak ketika senja tiba. Semburat kemerahan di langit dan embusan angin sore dapat Anda nikmati dari gardu pandang. Setelah itu, Anda bisa bermalam di Kalibiru untuk melepaskan penat dan menikmati nuansa malam.

Ada banyak penginapan di kawasan wisata Kalibiru. Beberapa penginapan berada di luar objek wisata, tapi letaknya tidak jauh. Untuk menginap di sana, Anda harus menyiapkan biaya Rp200.000,00 hingga Rp600.000,00 per malam. Kalau suka berkemah, Anda bisa memanfaatkan camping ground di Kalibiru.

Kini, area wisata Kalibiru telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum, antara lain kamar mandi umum, warung-warung, musala, dan aula. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau bermalam di dalam area Kalibiru karena sudah ada fasilitas tersebut.

Indahnya Pagi Hari di Kalibiru Jogja

Anda gemar menyaksikan matahari terbit? Kalibiru Jogja adalah lokasi yang tepat untuk menikmatinya. Anda bisa melihat proses terbitnya matahari melalui gardu pandang. Supaya tidak ketinggalan momen menakjubkan ini, sebaiknya Anda bermalam di Kalibiru atau berangkat dini hari dari Yogyakarta. Konon, keindahan matahari terbit di Kalibiru Jogja tiada duanya.

Kini, Kalibiru Jogja semakin tersohor. Kalibiru Jogja menjadi salah satu kawasan wisata yang paling menawan di Indonesia. Jadi, kapan Anda berkunjung ke sana?

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment