karts tubing sedayu.2

Karts Tubing Sedayu Bantul yang Indah untuk Pencinta Tantangan

Jika kamu senang tantangan, barangkali objek wisata ini cocok untuk menjadi pilihan. Kawasan wisatanya bernama Karts Tubing Sedayu Bantul. Karts sendiri adalah bagian dari permukaan bumi yang berbentuk seperti bentangan alam. Karts terbentuk akibat proses pelarutan yang terjadi di suatu kawasan batuan karbonat atau batuan yang mudah terlarut. Biasanya berupa batu gamping.

Di Jogja, ditemukan kawasan batu gamping yang terkenal karena seringnya foto Karts Tubing Sedayu Bantul diunggah di media sosial, yaitu Instagram. Menurut pakar, bentuk lahan karts memiliki ciri-ciri tertentu, seperti adanya daerah bentukan negatif tertutup (dengan ukuran dan susunan berbeda), drainase permukaan yang terputus, serta gua-gua, dan sistem aliran bawah permukaan.

Ciri-ciri tersebut sangat cocok disandingkan dengan kawasan wisata alam yang terletak di Jalan Raya Wates, Jogjakarta Km 9, RT 03 Argomulyo, Sedayu Bantul ini. Kemudian, ada pula wisatawan yang lebih akrab dengan sebutan Karst Surobayan, daripada Karst Tubing Sedayu Bantul.

Apa Itu Karst Tubing Sedayu Bantul?

karts tubing sedayu.1

Lalu, apa yang dimaksud dengan “Tubing”? Tubing adalah sebutan untuk ban dalam truk. Di objek wisata alam ini, kamu akan diajak menyusuri sungai menggunakan tubing, yang rutenya cukup panjang sekitar 2km. Seru, bukan?

Siapakah sebenarnya yang pertama kali memperkenalkan kawasan wisata ini kepada wisatawan di Indonesia? Namanya adalah Arif B. Sayoga, yang telah lama dikenal oleh masyarakat Jogja sebagai penggagas Kalibiru dan Bukit Plethu. Dua objek wisata terkenal lainnya di kota Jogja.

Wisatawan berlomba mendatangi kawasan wisata gua alam ini untuk menikmati adrenalin yang berpacu kencang ketika mengikuti aktivitas di sana. Apakah kamu tertarik untuk bisa melihat langsung dan merasakan sensasi petualangan yang penuh tantangan?

Rute Menuju Karst Tubing Sedayu Bantul

Kawasan wisata alam Karst Tubing Sedayu Bantul ini terletak di dusun kecil bernama Surobayan. Dusun itu sendiri berada dalam wilayah Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu sedang berada di pusat kota Jogja, seperti Malioboro, dibutuhkan jarak sekitar 20 km menuju kawasan wisata alam tersebut. Rute menuju ke sana cukup mudah, kok. Apabila kamu kurang mengenal area Jogja, sebaiknya ajak keluarga, atau teman yang kebetulan tinggal di Jogja.

Ini dia rute yang bisa kamu ikuti, ya:

Pusat kota Jogja (Titik 0 Km) -> Lurus saja ke arah Barat, menuju KM 9,5 dan cari depot Pertamina Rewulu, belok ke arah Barat, ada pertigaan gang atau jalan kecil, menuju arah Kiri sekitar 30 meter, ikuti terus jalannya hingga kamu menemukan masjid, temukan petunjuk arah menuju Karst Tubing Sedayu Bantul, atau yang lebih familier disebut Karst Tubing Suroboyan.

Apabila tersesat, tanyakan arah ke kawasan wisata alam yang juga dikenal sebagai Karst Tubing Suroboyan itu, kepada penduduk sekitar. Jangan khawatir, daerah ini sudah termasuk bagian dari Dusun Suroboyan sehingga penduduk maklum bila kamu tersesat dan bertanya arah pada mereka.

Tidak sulit bukan, lokasi dan rute menuju ke Karst Tubing Sedayu Bantul? Walaupun baru beberapa bulan dibuka, yaitu sejak bulan Juni 2016, wisatawan membanjiri objek wisata di Jogja ini. Wisatawan akan diajak mengarungi aliran sungai di bawah gua yang menawan.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

karts tubing sedayu.3

Wisata alam yang satu ini memang kurang familier, tapi jangan heran saat kamu berkunjung ke sana, puluhan wisatawan antre untuk ikut petualangan yang memicu adrenalin tersebut. Inilah pesona Karst Tubing Sedayu Bantul di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Lalu, apa saja yang perlu disiapkan apabila kamu berminat mengarungi sungai dekat gua yang seru dan menantang itu? Coba cek persiapannya di sini, ya:

  • Gunakan pakaian yang bisa dipergunakan untuk bermain air. Pastikan pakaian tersebut tidak terlalu tipis dan harus bisa menyerap air. Ada baiknya kamu memakai pakaian renang, jika memungkinkan. Namun, sepasang kaus dengan kain yang tebal serta celana panjang, sudah cukup untuk dipakai berwisata di sana.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, seperti sandal gunung atau sandal jepit agar sepatu kamu aman saat memakainya bermain air. Meski kamu akan naik perahu karet saat mengarungi aliran sungai di bawah gua, ada baiknya kamu tetap menggunakan alas kaki, ya.
  • Helm untuk melindungi kepala. Helm ini biasanya akan disediakan oleh pihak penyelenggara. Kamu tidak perlu mempersiapkannya sendiri dari rumah. Tidak usah khawatir.
  • Perahu karet, seperti perahu arung jeram atau perahu untuk menolong korban bencana yang dipergunakan tim SAR (Search and Rescue). Perahu juga akan disiapkan oleh pihak penyelenggara.
  • Rompi pelampung. Sebelum naik ke perahu karet, kamu harus memakai pelampung sebagai tindakan penyelamatan, apabila terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Berjaga-jaga demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita, sangat penting bukan?
  • Obat-obatan pribadi. Nah, obat ini sangat penting untuk kesehatan kamu. Tidak bisa dimungkiri bahwa manusia bisa saja terkena sakit saat berwisata, sekalipun sebelum berangkat kamu merasa sehat. Terutama jika kamu memiliki riwayat sakit tertentu, seperti asma dan maag, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, ya.

Harga Tiket Karts Tubing Sedayu Bantul

Apabila kamu berminat mengikuti petualangan dan aktivitas seru di Karst Tubing Sedayu Bantul, siapkan bujet untuk membayarnya. Ada pihak pengelola yang memasarkan paket wisata khusus untuk para wisatawan. Biayanya cukup terjangkau, sih.

Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000,00 per orang untuk mengikuti wisata petualangan alam yang mendebarkan ini. Fasilitasnya juga sudah disediakan, antara lain pelampung (ban), rompi pelampung, helm, sepatu, dan penjemputan dengan mobil bagi wisatawan yang mendaftar.

Pihak pengelola juga menyediakan jasa fotografi atau fasilitas dokumentasi, agar kamu bisa dipotret. Biaya jasa pemotretan ini dikenakan tarif Rp50.000,00. Pasti hasil fotonya indah ya, terutama saat kamu sedang asyik menikmati serunya bertualang di Karst Tubing Sedayu Bantul, tinggal berpose saja.

Ingin lebih puas berfoto? Kamu bisa menyediakan kamera antiair, agar ketika sedang mengalami serunya bermain air di sungai yang dingin dan jernih, kamu bisa minta tolong teman yang tidak ikut basah-basahan untuk memotret kamu.

Batuan karst yang berasal dari luapan lahar dingin yang membeku terasa agak licin. Jika wisatawan terempas ke dalam air dan terkena batu, tidak akan merasa sakit.

Pihak pengelola telah membuat tiga titik destinasi menarik yang dapat kamu ikuti. Di setiap spot atau pemberhentian wisatawan, akan diterangkan mengenai kondisi sungai. Titik pertama itu adalah spot foto. Pada titik kedua, kamu diminta membuat lingkaran, dan bersiap untuk loncat dari atas tebing. Di titik terakhir, ada tikungan berjeram, sehingga wisatawan bisa membentuk kereta yang sambung-menyambung, dan terlihat memanjang setelah turun dari arung jeram berukuran kecil itu. Menarik, bukan?

Nah, itulah bahasan mengenai wisata alam ala petualang, di Karst Tubing Sedayu Bantul. Kamu dapat mencoba datang ke objek wisata itu, bersama keluarga dan teman, ya. Pasti menarik meluangkan waktu agar bisa menikmati serunya menyelusuri sungai. Cukup 15 menit saja lama perjalanan dari pusat kota Jogja, kamu sudah bisa bersenang-senang. Selamat bertualang!

 

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment