kebun-buah-mangunan

Kebun Buah Mangunan, Tempat Wisata Kekinian yang Menakjubkan

Anda pernah pergi ke Kabupaten Bantul? Kabupaten Bantul merupakan wilayah administratif Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini terkenal dengan wisata pantainya yang memesona. Tapi siapa sangka, Kabupaten Bantul menyimpan kawasan wisata bak negeri dongeng di deretan bukitnya.

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu kawasan wisata yang berdiri di deretan bukit Kabupaten Bantul. Kawasan ini menyuguhkan panorama alam berupa samudera awan, sungai, dan pegunungan. Itulah sebabnya, sejak diresmikan pada tahun 2003, Kebun Buah Mangunan makin banyak pengunjungnya.

Kebun Buah Mangunan berada di area hutan seluas 23, 3415 hektar. Lokasinya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Ketinggian inilah yang menyebabkan sejuknya udara di sana.

Jarak Kebun Buah Mangunan dari Kota Yogyakarta sekitar 35 km. Anda perlu waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai ke sana. Lain halnya ketika berangkat lewat Bantul yang berjarak 15 km dari Kebun Buah Mangunan. Anda hanya butuh waktu 20-25 menit untuk tiba di lokasi.

Selamat Datang di Kebun Buah Mangunan

Sebuah papan berukuran raksasa dengan didominan warna hijau berdiri tegak di dekat loket penjualan tiket. Sebelum masuk area wisata, Anda harus membayar kontribusi Rp5.000,00 per orang, tanpa tambahan biaya parkir. Cukup murah, bukan? Hanya dengan Rp5.000,00, Anda bisa menikmati ragam pemandangan di Kebun Buah Mangunan.

Perjuangan Anda belum selesai, lho. Anda harus berjalan kaki untuk menuju puncak Kebun Buah Mangunan. Supaya lebih nyaman, sebaiknya pilih jalur khusus pejalan kaki. Sepanjang jalan ini, Anda akan menemukan fasilitas-fasilitas wisata di Kebun Buah Mangunan, seperti taman buah, aneka tanaman hias, kolam pemancingan, kolam renang, rumah kaca, dan kawasan kemah.

Apa yang Menarik di Kebun Buah Mangunan?

Banyak kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul ini. Berikut ini 7 Hal yang dapat anda lakukan di tempat wisata alam Kebun Buah Mangunan.

Menikmati Sunrise di Kebun Buah Mangunan

foto sunrise kebun buah mangunan

Apakah anda pernah membayangkan keindahan kabut atau seperti berada di negri awan?? Biasanya hal ini dapat anda rasakan ketika melakukan pendakian gunung. Namun bagi anda yang sulit atau tidak terbiasa dengan pendakian gunung, anda cukup mengunjungi Kebun Buah Mangunan.

Menikmati sunrise di Kebun Buah Mangunan akan membuat anda menikmati rasanya berada dalam Negri di Atas Awan. Disinilah biasanya para wisatawan setia menunggu dari Pk. 05.00 pagi hingga matahari terbit. Dan pada siang harinya, awan sudah mulai surut, maka anda akan melihat lintasan sungai yang terlukis indah diantara perbukitan.

Sungguh pemandangan yang tidak akan membuat anda menyesal!

Mencicipi Manisnya Buah di Taman Buah

Tempat yang satu ini mengingatkan pada Taman Buah Mekarsari Bogor, walaupun ragam buahnya tidak sebanyak di sana. Tapi, buah-buahan yang tersedia cukup untuk mengobati rasa lelah Anda. Aneka macam pohon buah disusun secara apik sesuai dengan medannya.

Ingin mencicipi segarnya buah-buahan di sana? Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp2.000,00 sampai Rp50.000,00 per kilo, sesuai jenis buahnya. Aneka buah yang bisa Anda beli di sana, antara lain mangga, sawo, rambutan, jambu air, durian, jeruk, manggis, salak, matoa, dan kelengkeng. Menariknya, Anda boleh langsung memetiknya dari pohon.

Belajar Pertanian di Kebun Buah Mangunan

Tidak jauh dari taman buah, Anda akan menjumpai sebuah rumah berlapis kaca yang terlihat isinya. Rumah itu berisi aneka tanaman, seperti cabai, tomat, anggur, dan semangka. Bagi Anda yang menggemari pertanian, tentu ini peluang besar untuk belajar.

Teknik penanaman di dalam rumah kaca itu disebut dengan hidroponik. Dengan adanya hidroponik, Anda tidak harus menggunakan tanah sebagai media tanam. Hidroponik merupakan solusi terbaik untuk mengembangkan tanaman di lahan sempit. Nah, berkat teknik hidpronik ini, halaman sempit di perkotaan pun bisa ditanami aneka tumbuhan.

Indahnya Pemandangan dari Gardu Pandang

Kebun buah mangunan - gardu pandang

Pernah melihat negeri di atas awan? Anda bisa menyaksikannya dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan. Letaknya di puncak bukit, sehingga Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak berupa anak tangga untuk sampai ke sana.

Gardu pandang Kebun Buah Mangunan dikelilingi pagar besi untuk menjaga keselamatan pengunjung. Gardu inilah tempat favorit para pengunjung karena menyuguhkan lukisan alam yang menakjubkan. Anda akan menyaksikan hamparan kabut putih menyerupai lautan, liukan Sungai Oyo berwarna kehijau-hijauan, dan deretan Pegunungan Sewu.

Sayangnya, hamparan awan tidak bisa Anda lihat ketika musim kemarau. Tapi, tenang saja, karena itu tidak akan mengurangi keindahan di Kebun Buah Mangunan. Gardu pandang tetap menjadi tempat terbaik menikmati panorama alam yang mengagumkan.

Lintasan untuk Penggemar Sepeda Gunung

Anda penggemar sepeda gunung? Kebun Buah Mangunan menyediakan lintasan khusus untuk bersepeda. Ada dua jenis lintasan yang tersedia, yaitu lintasan untuk kelas downhill dan cross country.

Apa sih, bedanya kedua kelas tersebut? Kelas sepeda downhill adalah sepeda yang dirancang khusus untuk aksi menuruni bukit. Aksi bersepeda ini termasuk aksi paling ekstrem. Pasalnya, pengemudi harus bisa menjaga keseimbangan saat melaju dengan kecepatan tinggi di permukaan yang curam.

Kondisi rem dan ban harus baik dan normal karena Anda akan melintasi turunan. Panjang lintasan kelas downhill di Kebun Buah Mangunan sekitar 2.300 meter. Anda cukup menyediakan Rp50.000,00 per lima orang untuk menikmati lintasan ini.

Satu lintasan lagi yang tidak kalah ekstrem, yaitu lintasan kelas cross country. Istilah cross country digunakan kelompok sepeda yang dirancang khusus untuk trek pegunungan. Sepedanya ringan dan efektif untuk menaiki jalan yang permukaan curam. Kebun Buah Mangunan memiliki lintasan cross country sepanjang 3.800 meter. Biaya yang harus Anda bayarkan sekitar Rp50.000 per lima orang untuk beraksi di lintasan ini.

Sarana Outbond yang menantang adrenalin

Ingin menguji keberanian Anda? Anda bisa mencoba sarana outbond yang disediakan pengelola Kebun Buah Mangunan. Beberapa outbond yang disediakan, yaitu flying fox, reflying, dan jembatan goyang. Sebelum melakukan outbond, Anda harus memakai perlengkapan khusus, seperti sling baja, sarung tangan, helm, carmantel, dan hernes.

Kegiatan Anda akan dipandu oleh seorang instruktur sehingga keselamatan Anda tetap terjaga. Biaya yang harus Anda sediakan untuk menikmati aktivitas ini, yaitu Rp200.000,00 per sepuluh orang. Cukup murah, bukan?

Menikmati Keindahan Malam di Kebun Buah Mangunan

Banyak cara untuk menikmati suasana di Kebun Buah Mangunan, salah satunya dengan cara bermalam di sana. Bagi Anda yang gemar berkemah, di sana tersedia lokasi kemah atau camping ground. Anda cukup membayar Rp5.000,00 per orang untuk mendirikan kemah di tempat ini.

Kebun Buah Mangunan juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan, musala, dan toilet. Biaya penginapan di area Kebun Buah Mangunan sekitar Rp300.000,00 per malam. Nah, kalau menginap di sana, Anda bisa menyaksikan eksotisnya matahari terbenam di puncak Kebun Buah Mangunan. Saat malam tiba, ratusan bintang akan muncul di permukaan langit yang hitam.

Transportasi Menuju Kebun Buah Mangunan?

Saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda dari Bantul ke Kebun Buah Mangunan. Sebaiknya, Anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Kalau berangkat dari Bantul, Anda bisa mengendarai sepeda gunung.

Akses jalan ke Kebun Buah Mangunan sudah bagus dengan medan khas area perbukitan. Meskipun harus melewati banyak jalan yang menanjak, tapi Anda bisa menikmati keindahan pemandangan. Kawasan perbukitan dan hutan yang hijau akan menghilangkan rasa lelah akibat perjalanan.

Rute ke Kebun Buah Mangunan hanya ada satu, yaitu melewati Imogiri Timur. Kalau Anda berangkat dari Yogyakarta, arahkan setir mobil ke jalan lingkar selatan. Lalu, ambil arah jalan yang menuju Imogiri Timur. Ikuti jalan itu sampai Anda tiba di pasar Imogiri Timur. Kemudian, ambil arah kiri saat Anda menemukan pertigaan jalan raya.

Anda tidak perlu takut tersesat karena di pertigaan jalan Pasar Imogiri Timur terdapat papan penunjuk arah. Kurang lebih 20 menit, Anda akan menjumpai tugu berlapis keramik hitam yang menandai gerbang Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan merupakan solusi tepat bagi Anda yang menginginkan rekreasi murah, mudah, dan menyenangkan. Anda bisa bertamasya sambil mempelajari alam semesta hanya di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment