Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti Jogja, Pantai yang Menawan dan Romantis bagi Pasangan Turis

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja, memiliki banyak kawasan wisata yang menarik hati turis domestik dan mancanegara. Di Jogja, kamu bisa menemukan objek wisata alam seperti karst atau gua, lalu gunung, dan pantai. Salah satu pantai yang sedang menjadi tren dan populer saat ini adalah Pantai Indrayanti Jogja.

Pantai Indrayanti Jogja ini terkenal dengan keindahan alamnya. Pasir putih yang berserakan di pantai, birunya lautan, dan putihnya awan di langit, semakin membuat turis terlena dan senang berwisata di sana. Bahkan ada yang menyamakan pantai ini dengan pantai-pantai di pulau Bali yang tersohor itu.

Jika kamu berencana mengajak sang pujaan hati berwisata ke Jogja, jadikan Pantai Indrayanti Jogja ini sebagai tujuan wisata. Kamu tidak akan menyesal, deh. Apalagi dengan suasana romantis yang tercipta karena keindahan pantainya. Jalan berdua menyusuri pantai, bergandengan tangan sambil bermain air dan mencelupkan kaki ke dalam pasir putih, sangat romantis, kan?

Bila kamu tertarik mengunjungi objek wisata tersebut, berikut ini ada ulasan mengenai kawasan wisata alam Pantai Indrayanti Jogja, ya.

Kisah Unik Berkaitan dengan Nama Pantai Indrayanti Jogja

restoran indrayanti gunungkidul

Kamu pernah mendengar kisah unik, di balik pemberian nama Pantai Indrayanti Jogja? Ternyata ada kisah yang bisa dibilang cukup menarik seputar pemberian nama kepada salah satu pantai menawan di Jogja ini.

Jadi, banyak turis yang merasa aneh dengan nama pantai yang terdengar seperti nama orang ini. Tidak seperti nama pantai lainnya di Jogja, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baros, atau Pantai Kukup.

Nama asli pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal, bahkan ada yang menyebutkan Pantai Pulsa. Nama pantai ini berubah sejak ada restoran terkenal dengan banyak pengunjung di sana. Restoran itu bernama “Indrayanti”, sesuai dengan nama pemiliknya, yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti. Ada pula yang mengatakan bahwa namanya diambil dari anak pemilik restoran tersebut.

Tentu, karena nama restoran lebih mudah diucapkan dan enak didengar, turis yang berkunjung ke sana menyebut Pantai Pulang Syawal dengan Pantai Indrayanti.

Barangkali turis-turis sudah melupakan nama asli pantai tersebut, dan memilih menyebut pantai yang lokasinya berada dekat dengan Pantai Sundak ini, dengan nama Pantai Indrayanti Jogja. Unik bukan kisahnya?

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Indrayanti Jogja

Lokasi Pantai Indrayanti Jogja tidak jauh dari deretan pantai lainnya di Jogja. Jika kamu berniat berkunjung ke sana, jangan lupa menyewa motor atau kendaraan pribadi lain, agar lebih mudah dan cepat sampai. Apalagi belum tersedia kendaraan umum, menuju pantai tersebut.

Lokasi objek wisata ini terletak di ujung Tenggara kota Jogja dan masuk kawasan wisata yang menakjubkan, yaitu Kabupaten Gunung Kidul. Jika kamu melewati Pantai Parangtritis, pantai ini berada di sebelah Timur, cukup jauh. Perjalanan menuju Pantai Indrayanti Jogja melewati daerah pegunungan Gunung Kidul, dengan pemandangan yang indah.

Letak Pantai Indrayanti dekat dengan Pantai Baron, bersebelahan dengan Pantai Sundak. Nama lokasinya adalah Dusun Ngasem Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Apabila kamu berada di pusat kota Jogja, jarak perjalanan ke pantai ini sekitar 70km. Jadi, sekitar 3 jam menuju Pantai Indrayanti Jogja.

Kamu bisa mengikuti rute berikut ini, ya:

Pusat kota Jogja -> melewati Piyungan, kemudian menuju Patuk, Sambipitu, arah Hutan Bunder, Gading, Logandeng, Siyono, Bundaran Tugu BPD, menuju Jalan Kyai Legi, Jalan Lingkar Selatan, Jalan KRT. Djojodiningrat, Jalan Girisubo, menuju Wonosari, Jalan Saptosari, Tepus (perhatikan, sebelum masuk ke area Pantai Baron, ambil jalur Timur arah Pantai Sundak, Somendang -> Pantai Indrayanti Jogja.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lainnya

Jika kamu berwisata ke Pantai Indrayanti Jogja, sebenarnya tidak ada retribusi khusus untuk masuk dan menikmati keindahan alam di pantai ini. Di sini, pihak swasta bertindak sebagai pengelola, meski pemerintahan daerah pernah berusaha mengklaim dan menutup pantai.

Kamu harus membayar Rp 10.000,00 sebagai tiket masuk. Beberapa pantai terkenal di Gunung Kidul, seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang, dan Pantai Poktunggal, tarif masuknya sama.

Kemudian, siapkan pula uang untuk biaya lainnya, seperti tiket untuk biaya parkir, makan di restoran dan kafe yang bertebaran di pantai, meminum air kelapa muda yang segar, atau sekadar ingin membuang hajat.

Lalu, jangan sembarangan membuang sampah di Pantai Indrayanti Jogja, ya. Kamu akan dikenakan denda, jika ketahuan membuang sampah di kawasan wisata alam tersebut, kamu akan didenda sebesar Rp10.000,00.

Bila berniat menginap di pantai nan indah dan menawan ini, siapkan bujet lebih, agar bisa memilih penginapan terbaik untuk kamu dan pasangan, atau keluarga dan teman. Siapkan bujet mulai Rp 250.000,00 sampai Rp 350.000,00. Harga tersebut sudah cukup untuk menyewa satu kamar di sana. Seru juga, ya?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti

Pantai Indrajaya Jogja ini termasuk pantai yang memiliki banyak fasilitas umum yang terawat dengan baik. Tidak heran, karena pihak swasta yang mengelolanya selalu membersihkan setiap sudut pantai dan menjaga kebersihan fasilitas yang tersedia.

Turis yang datang dan membuang sampah tidak pada tempatnya akan didenda Rp10.000,00, setiap kali itu terjadi. Bayangkan, bila kamu lupa membuang sampah di tempat yang telah disediakan, sebanyak 3 kali saja. Lumayan tuh, keluar uang sekitar Rp.30.000,00, ya?

Fasilitas lainnya selain toilet atau kamar mandi adalah pondok panggung, gazebo, dan musala. Ini adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Indrajaya.

Keindahan Alam di Pantai Indrajaya Jogja

pantai indrayanti jogja

Satu hal yang menjadi kelebihan pantai ini adalah keindahan alamnya yang sangat memesona banyak turis. Coba perhatikan hamparan pasir putih alami yang menyambut kamu saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Begitu pula dengan suara deburan ombak yang bisa membuat kamu lupa sedang berada di dunia, bukan di surga.

Selain itu, birunya air laut yang dingin, sejuknya udara pantai, bisa membuat kamu lupa waktu, ketika menghabiskan waktu di sana. Terutama jika kamu mengajak pasangan atau kekasih hati menikmati indahnya alam Pantai Indrajaya Jogja. Kekasih kamu pun akan merasa sangat bahagia.

Jika kamu ingin mengambil foto terbaik untuk dipajang di media sosial, seperti Instagram, coba tengok ke sebelah barat dari pintu masuk pantai. Kamu akan melihat gunung batu karang yang sangat gagah dan menawan mata. Kamu dapat naik ke bukit atau batu karang itu, dan berfoto ria.

Di belakang gunung batu karang, kamu dapat melihat dengan mata kepala sendiri, indahnya pantai berpasir putih. Apabila senang berenang atau bermain air, segera ganti pakaian untuk dipakai aktivitas wisata air. Celana pendek untuk laki-laki, atau sandal jepit agar sepatu kamu tidak kebasahan.

Segera berlari menuju luasnya lautan berwarna biru, yang terhampar di depan mata. Jangan sampai lupa mengajak pasangan kamu, ya. Selamat bersenang-senang di Pantai Indrajaya Jogja.

 

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment