pantai kukup gunungkidul jogja

Pantai Kukup, Pantai Berpanorama Indah di Gunungkidul

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di area Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul kerap menjadi tujuan piknik bagi para wisatawan, karena daerah ini memiliki beragam pantai yang patut untuk dijelajahi. Ya, Kabupaten Gunungkidul merupakan dearah yang banyak memiliki pantai karena kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Salah satu pantai indah yang layak untuk dikunjungi di area ini adalah Pantai Kukup Gunungkidul. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai yang menawan ini berlokasi sekitar 1 kilometer dari objek wisata alam Pantai Baron.

Akses ke Pantai Kukup

Untuk menuju ke Pantai Kukup Gunungkidul, Anda harus sampai di area Wonosari, Gunungkidul terlebih dahulu. Wonosari berjarak kira-kira 40 kilometer ke arah selatan dari Kota Yogyakarta. Jika sudah sampai di area Wonosari, Gunungkidul, Anda bisa mengambil jalur ke arah objek wisata alam Pantau Baron dan Kukup.

Anda bisa pergi ke Pantai Kukup dengan menggunakan kendaraan umum. Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir. Silakan naik bus besar jurusan Yogyakarta – Wonosari dan turun di pusat Kota Wonosari. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus kecil yang menuju ke arah Pantai Kukup Gunungkidul. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Keindahan Apa Saja yang Bisa Ditemui di Pantai Kukup?

Setelah sampai di area Pantai Kukup, Anda akan diberi sambutan hangat oleh pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan tersebut lengkap dengan panorama alam berupa pasir putih yang berkilauan tertimpa cahaya mentari dan birunya air laut yang menyegarkan mata.

Tak cukup sampai di situ saja, pesona Pantai Kukup Gunungkidul juga tampak dari bukit karang yang ada di area pantai ini. Bukit karang ini cukup tajam. Jadi Anda patut waspada dan berhati-hati ketika bermain air di pinggiran pantai ini, ya. Apalagi, ombak di pantai kawasan Laut Selatan tergolong ombak yang cukup ganas. Jangan sampai kegiatan bermain air di pantai menjadi satu hal yang membahayakan nyawa Anda.

Selain batu-batu karang, di Pantai Kukup Gunungkidul juga terdapat gua-gua karang yang sering digunakan untuk berteduh oleh para pengunjung yang datang. Beberapa gua tergenang oleh air laut. Maka tak heran jika Anda bisa menemukan biota laut laut di sela-sela karang tersebut. Wah, terdengar mengasyikkan, bukan?

Ya, karena keindahan panoramanya, Pantai Kukup Gunungkidul dijadikan salah satu objek wisata alam yang banyak diminati oleh pengunjung dari kota lain. Di pantai lain, Anda tidak akan bisa melihat betapa menggemaskannya ikan dan biota laut lainnya mengambang di antara batuan karang, bukan?

Namun, Anda patut mewaspadai kehadiran bulu babi, yaitu binatang laut yang kulitnya memiliki duri panjang. Bentuk duri-durinya mirip rambut pada buah rambutan. Bulu babi, atau yang kerap disebut dengan landak laut ini, menghuni daerah yang dangkal dan jernih. Jangan sampai Anda memegang atau menginjaknya, ya.

Jika Anda menginjaknya dengan kaki telanjang, duri-duri pada bulu babi tersebut akan mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan infeksi. Bahkan, racun pada bulu babi bisa menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan, kejang, dan akibat yang paling fatal adalah kematian. Tapi Anda tidak perlu takut. Selagi bermain air dengan aman, Anda tidak akan terluka, kok.

Nah, bagian lain yang menarik dari Pantai Kukup Gunungkidul adalah sebuah pulau karang yang ada di sebelah timur pantai. Pulau karang tersebut diberi nama Pulau Jumino. Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan Pantai Kukup Gunungkidul dengan Pulau Jumino. Jembatan ini bisa Anda gunakan untuk melihat Pulau Jumino dari dekat.

Di atas Pulau Jumino, yang sejatinya adalah pulau karang, dibangun sebuah gardu pandang. Gardu pandang ini bisa Anda gunakan untuk menikmati panorama alam yang ada di Pantai Kukup Gunungkidul dan sekitarnya. Dari atas gardu pandang ini Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan berupa laut yang membiru, ombak yang bergulung-gulung dengan indahnya, dan deretan batu karang yang diterpa gulungan ombak.

Ketika senja telah tiba, Anda bisa menikmati indahnya sunset diiringi suara gemuruh ombak. Tak hanya sampai di situ, langit senja yang memerah akan menambah kesyahduan suasana sore hari di Pantai Kukup Gunungkidul. Kemudian, jika Anda ingin menikmati sunrise esok paginya, Anda bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar pantai ini.

Fasilitas yang Terdapat di Pantai Kukup

Pantai Kukup Gunungkidul tidak hanya menyediakan panorama yang menakjubkan, tapi juga fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

  1. Lahan Parkir Kendaraan

Jika Anda datang ke Pantai Kukup dengan menggunakan kendaraan pribadi, di sini telah tersedia area parkit yang luas. Sebagian lahan parkir bahkan sudah beralaskan paving block.

  1. Toilet Umum

Jika Anda sudah puas bermain air di Pantai Kukup Gunungkidul, Anda bisa membilas tubuh dan mandi di toilet umum ini. Selain itu, dengan adanya toilet umum di sini, Anda tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu Anda ingin buang air.

  1. Musala

Bagi Anda yang beragama Islam, salat merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setiap harinya. Nah, di Pantai Kukup ini Anda tidak perlu khawatir mengenai tempat salat. Telah tersedia musala yang bisa Anda gunakan untuk menunaikan ibadah.

  1. Warung Makan

Anda merasakan lapar dan dahaga seusai bermain air dan berkeliling di Pantai Kukup? Jangan khawatir. Anda bisa langsung mengisi perut dan melegakan dahaga di warung-warung makan yang berdiri di sekitar Pantai Kukup. Di warung-warung ini, Anda bisa menemukan sajian makanan khas Yogyakarta maupun sajian ikan laut atau seafood.

Sekadar tips bagi Anda yang hendak bepergian dan makan di warung sekitar pantai mana pun, Anda wajib menanyakan harga makanan dan minuman di warung tersebut. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak diberi harga yang menipu atau yang lebih mahal dari biasanya. Tips ini berlaku juga ketika Anda berlibur ke objek wisata mana saja.

  1. Penginapan

Merasa letih setelah mengarungi area Pantai Kukup? Atau Anda ingin menikmati sunrise pagi hari di Pantai Kukup? Tenang saja, ada banyak penginapan di sekitar pantai yang siap untuk menampung Anda, kok.

  1. Toko Suvenir

Berlibur ke Pantai Kukup dan objek wisata di Yogyakarta tak akan lengkap bila Anda tidak membeli suvenir khas Yogyakarta. Nah, di sekitar Pantai Kukup, Anda bisa menemukan banyak pedagang dan toko yang menjajakan suvenir khas Pantai Kukup dan Yogyakarta. Selain itu, jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan pedagang yang menjual ikan hias laut dan terumbu karang.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup Gunungkidul

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Kukup Gunungkidul Jogja ini, anda hanya dikenakan untuk sekali bayar biaya retribusi, yaitu saat anda menemui TPR di Pantai Baron. Biaya masuknya sebesar Rp 10.000 / org.

Sedangkan untuk parkir tarifnya sebagai berikut :

Sepeda Motor = Rp 2.000
Mobil = Rp 5.000
Bus Pariwisata = Rp 25.000

Nah, bagaimana, ulasan mengenai Pantai Kukup Gunungkidul di atas? Sangat menarik, bukan? Pantai ini bisa membuat liburan Anda makin berwarna, lo. Jadi, kapan Anda akan mampir ke pantai ini?

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment