Pantai Parangtritis.1

Pantai Parangtritis Yogyakarta, Indahnya Pesona Pantai Legenda Jogja

Pantai Parangtritis Jogja. Sebagai salah satu surga wisata di Indonesia, Yogyakarta memiliki beberapa objek wisata andalan. Rasanya kurang afdal kalau Anda mengaku datang ke Kota Gudeg ini tanpa mengunjungi tempat-tempat wisata andalan tersebut. Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Parangtritis Yogyakarta.

Pantai Paris, nama keren Pantai Parangtritis, adalah salah satu objek wisata alam Yogyakarta favorit para travelers yang tak boleh dilewatkan. Gaung namanya sudah terdengar luas di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

LOKASI PANTAI PARANGTRITIS

Pantai Parangtritis adalah sebuah pantai yang berada di Jalan Parangtritis kilometer 8. Secara geografis, pantai ini masuk dalam wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pamor objek wisata alam ini begitu tinggi sehingga para wisatawan tak mau melewatkan kesempatan untuk menjejakkan kakinya ke sini.

Meskipun Pantai Parangtritis Yogyakarta ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, akses menuju Pantai Parangtritis terbilang cukup mudah dengan jalan lebar dan mulus. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi maupun umum.

FASILITAS PANTAI PARANGTRITIS JOGJA

Fasilitas umum yang terdapat di sana pun tergolong lengkap, yaitu tempat parkir, warung makan, kamar mandi dan toilet, musala, dan toko suvenir. Bahkan, jika Anda berniat menginap di sekitar pantai ini, ada banyak losmen dan resort untuk dijadikan tempat beristirahat dengan harga bervariasi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika berniat menghabiskan liburan di tempat ini.

Area Pantai Parangtritis Yogyakarta terbilang sangat luas karena bisa menampung ribuan pengunjung. Pasir yang berwarna cokelat kehitaman dan terlihat begitu cantik diterpa sinar matahari akan membuat Anda terpana. Anda tentunya tak ingin melewatkan sensasi geli ketika pasir ini terselip di jemari kaki Anda, bukan? Pastinya sangat menyenangkan, ya.

YANG BISA DINIKMATI DI PANTAI PARANGTRITIS

Berlibur ke pantai tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan bermain air. Rasanya memang kurang sempurna jika Anda tidak membiarkan dinginnya air laut membasahi kaki dan tubuh. Namun, hal itu tidak berlaku di Pantai Parangtritis. Area Pantai Parangtritis Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga ombak pantai ini sangat ganas.

Gulungan ombak besar kerap menyambangi garis pantai dengan keras dan cepat. Ombak semacam ini tergolong berbahaya karena bisa menyambar siapa pun yang bermain-main di pantai dan menariknya dengan cepat ke tengah lautan. Karena sebab tersebut, para pengunjung dilarang untuk bermain air apalagi mandi dan berenang di laut. Risikonya terlalu besar jika dibandingkan kesenangan yang Anda cari.

Meskipun Anda tidak bisa bermain air atau berenang di laut, tidak perlu berkecil hati. Masih banyak hal yang bisa Anda lakukan di pantai satu ini. Anda bisa menikmati pemandangan lautan membentang luas dengan ombak besar bergulung-gulung dan berlomba menuju pantai. Suara gemuruh deburan ombak bakal memanjakan telinga, seperti sebuah harmoni alam yang sempurna.

Anda bisa menikmati sunset di sore hari sambil duduk di pinggir pantai. Jemari kaki Anda akan dipijat dengan butiran-butiran pasir yang memenuhi area Pantai Parangtritis Yogyakarta ini. Selain itu, angin laut siap meredakan rasa panas dan menyebarkan aroma khas lautan.

Duduk di tepi pantai sambil menyaksikan kecantikan alam luar biasa seperti ini bisa menjadi salah satu aktivitas sederhana untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.  Namun, jika Anda tidak ingin terlalu lelah, Anda bisa berkeliling menikmati pesona Pantai Parangtritis dengan menyewa jasa bendi atau dokar.

Ada banyak bendi, atau yang lebih populer dengan sebutan andong, yang siap membuat pengalaman liburan Anda terasa lebih berkesan. Menaiki kereta kuda di tepi pantai dan disuguhi panorama yang memesona tentunya tak bisa Anda nikmati di sembarang tempat.

Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba cara ini untuk menghabiskan waktu di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Selain itu, Anda bisa berkeliling dengan menaiki kudanya langsung, lo! Bukankah itu sesuatu yang perlu dicoba? Anda tidak perlu takut untuk mencobanya, karena Anda akan ditemani oleh pemandu yang akan memegang kekang kuda dan memastikan keamanan Anda selama menikmati pesona Pantai Parangtritis.

Apakah Anda juga membutuhkan sesuatu yang lebih menantang dan memacu nyali tetapi tetap tidak berbahaya? Nah, Anda bisa mencoba menyewa ATV. Dengan kendaraan bermotor yang bisa digunakan di berbagai medan ini, Anda bisa berkeliling di sepanjang area Pantai Parangtritis Yogyakarta. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00 saja.

Dengan iringan deburan ombak yang menggetarkan jiwa, perjalanan Anda dengan kendaraan ATV akan jadi sempurna. Namun, masih ada pilihan lain untuk menikmati indahnya Pantai Parangtritis Yogyakarta, yaitu dengan duduk-duduk santai di bawah atap warung yang berada di sekitar sana.

Anda bisa menatap lautan dan angkasa biru membentang dihiasi awan putih. Semua akan jadi lebih menawan ketika Anda memandangi semua itu sambil menikmati kesegaran air kelapa muda dan minuman dingin lainnya. Selain itu, jika Anda lapar, ada berbagai menu makanan yang siap untuk menggoyang lidah dan mengisi perut. Cukup menarik, bukan?

CERITA MISTIS SEPUTAR PARANGTRITIS

Selain dikenal karena keindahannya, Pantai Parangtritis Yogyakarta juga dikenal dengan nuansa mistis. Tidak ada salahnya Anda datang ke sini sambil mengulik sedikit cerita mistis yang tersembunyi di balik salah satu objek wisata alam di Yogyakarta ini.

Apakah Anda pernah mendengar cerita mengenai sosok legendaris Ratu Penguasa Laut Selatan? Sosok yang dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul itu terkait erat dengan pantai ini, lo. Masyarakat memercayai bahwa Parangtritis adalah gerbang utama menuju kerajaan tak kasatmata milik sang Ratu Laut Selatan.

Pernahkah Anda mendengar mengenai larangan memakai baju berwarna hijau ketika berada di Pantai Parangtritis? Ternyata, larangan tersebut berkaitan dengan cerita mengenai Nyi Roro Kidul tersebut. Warna hijau dipercaya sebagai warna favorit Nyi Roro Kidul. Masyarakat memercayai bahwa jika ada orang yang memakai baju berwarna hijau di Pantai Parangtritis Yogyakarta, maka Nyi Roro Kidul akan tertarik dan membawanya ke kerajaannya.

Mitos tersebut berkembang kuat di masyarakat. Bahkan, mereka sering mengadakan berbagai upacara adat untuk menghormati Nyi Roro Kidul. Salah satunya ritual tersebut adalah ritual labuhan yang diadakan ketika ada acara penting yang berkaitan dengan Keraton Yogyakarta. Upacara semacam ini menjadi pesona lain dari Pantai Parangtritis dalam menarik para wisatawan untuk berkunjung.

MENIKMATI SUNSET DAN SUNRISE

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Berkunjung ke Pantai Parangtritis tidak akan lengkap tanpa melihat pesona sunset pada sore hari dari pinggir pantai. Selain itu, Anda bisa mengejar sunrise di pagi hari, karena di sekitar Pantai Parangtritis terdapat penginapan-penginapan yang siap menampung Anda.

Pantai Parangtritis menawarkan paket liburan yang lengkap, bukan? Untuk menikmati keindahan tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, kok. Anda hanya perlu membayar tiket masuk di pos retribusi dan membayar biaya parkir kendaraan saja.

Harganya cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. Jangan lupa menjaga kebersihan jika Anda bertandang ke sini, ya. Jangan malah membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan. Jadi, kapan Anda mau mampir ke sini?

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment