pantai-pok-tunggal

Pantai Pok Tunggal, Pantai Asri nan Menawan di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang berada di sisi selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini berupa pegunungan kapur dan berada di sisi selatan, karena itulah daerah ini dinamai Gunungkidul, yang berarti “gunung selatan”.

Kabupaten Gunungkidul memiliki semboyan Gunungkidul HANDAYANI (Hijau, Aman, Normatif, Dinamis, Amal, Yakin, Asah, Asih, Asuh, Nilai Tambah, Indah). Kabupaten ini menjadi surga bagi para travelers, karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sisi selatan.

Sebagai dampaknya, Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak pantai yang menawan. Salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Pantai ini terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai-pantai di Gunungkidul umumnya menawarkan pesona pasir putih yang cantik. Begitu juga dengan pantai yang satu ini.

Akses ke Pantai Pok Tunggal

Di gapura masuk area pantai di Gunungkidul, Anda harus membayar biaya retribusi terlebih dahulu. Tenang saja, biayanya sangat terjangkau, kok. Dengan membayar biaya retribusi ini, Anda bisa menjelajahi beberapa pantai sekaligus, misalnya Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan Pantai Sadranan.

Untuk mencapai Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, siapkan nyali Anda, ya. Perjalanan ke pantai yang menawan ini tidak mudah. Anda harus melewati perjalanan yang mendebarkan karena jalan menuju ke pantai ini merupakan jalan yang berbatu dan di antara bukit-bukit karang.

Namun, perjalanan yang mendebarkan tersebut akan terbayar lunas jika Anda telah mencapai area Pantai Pok Tunggal Gunungkidul ini. Butiran-butiran pasir putih serta gulungan ombak kecil yang menyapu kaki Anda akan menjadi sapaan terindah dan tak terlupakan dari Pantai Pok Tunggal.

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Indrayanti ini menawarkan pemandangan bentang alam yang menakjubkan. Lautan yang membiru dan ombak yang bergulung-gulung akan lengkap dengan pemandangan bukit kapur di sekitarnya.

Hal Menarik yang Bisa Anda Temukan di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Bukit kapur yang terdapat di sekitar pantai ini ternyata memiliki bentuk yang cukup unik, lo. Jika Anda melihat bukit kapur ini dari sebelah barat, maka bukit kapur tersebut akan tampak seperti buaya dengan moncong menghadap ke Laut Selatan.

Selain itu, bukit karang dan kapur yang berada di Pantai Pok Tunggal ini ternyata masih dihuni oleh monyet liar. Jika beruntung, Anda bisa menemukan monyet-monyet liar di perbukitan tersebut.

Yang membedakan pantai ini dari pantai yang lain adalah tumbuhnya pohon duras yang merupakan salah satu tanaman langka di area Jawa. Pohon langka ini telah ada sejak zaman dahulu dan menjadi salah satu ciri khas Pantai Pok Tunggal. Keindahan panorama Pantai Pok Tunggal akan semakin menakjubkan dengan adanya pohon ini.

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul tergolong sebagai objek wisata alam di Gunungkidul favorit para travelers. Jika Anda berniat untuk menikmati sunrise dari pantai ini, Anda tidak perlu repot-repot membawa tenda untuk berkemah. Di tempat ini, telah tersedia jasa penyewaan tenda dan payung dome.

Namun, jika Anda hanya ingin menikmati sore hari di pantai ini, Anda tetap akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan, kok. Anda bisa menunggu sunset sambil bermain air dan bermain dengan ikan-ikan kecil di tepi pantai.

Jika Anda datang beramai-ramai ke pantai ini, Anda bisa menggunakan area pinggir pantai ini untuk bermain voli pantai. Pasir putih yang ada di pantai ini tidak akan membuat kaki Anda sakit, kok. Cukup menarik, bukan?

Yang Harus Diperhatikan Selama di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Jika Anda berencana untuk mengunjungi salah satu objek wisata alam di Gunungkidul ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini dia beberapa hal tersebut:

  1. Jaga Keselamatan

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah menjaga keselamatan Anda. Meskipun ombak di pantai ini tergolong tidak begitu berbahaya, Anda tetap harus waspada. Jika Anda ingin menikmati sentuhan air pantai, pastikan Anda hanya bermain di pinggir pantai.

  1. Jaga Kebersihan

Hal kedua yang wajib Anda lakukan di Pantai Pok Tunggal adalah menjaga kebersihan area pantai. Sebagus apa pun pantai yang Anda kunjungi, pantai tersebut akan menjadi tidak istimewa karena sampah-sampah yang Anda buang. Selama di Pantai Pok Tunggal, jangan buang sampah sembarangan, ya.

  1. Jaga Kelestarian Pohon Duras

Pohon duras adalah pohon yang konon susah tumbuh. Maka, sebaiknya kita menjaga kelestarian pohon langka ini. Anda boleh berfoto di sekitar pohon ini. Namun, jangan panjat pohon ini, ya. Jangan pula mematahkan ranting atau menulisi permukaan pohon dengan coretan-coretan tak bermanfaat.

  1. Perhatikan Cuaca

Jika Anda berniat untuk menghabiskan malam di Pantai Pok Tunggal, maka Anda harus memperhatikan cuaca. Jika cuaca tidak mendukung, jangan paksakan diri Anda untuk bermalam di sana, ya.

  1. Tingkatkan Kewaspadaan jika Anda Menaiki Tebing atau Bukit di Sekitar Pantai

Anda wajib meningkatkan kewaspadaan karena di kawasan tebing atau bukit ini sering ditemukan monyet-monyet liar. Monyet-monyet liar ini bisa saja menyerang Anda. Seram juga, ya?

Fasilitas yang Ada di Pantai Pok Tunggal

Beragam fasilitas telah tersedia di Pantai Pok Tunggal. Fasilitas ini tentunya memudahkan para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Inilah beberapa fasilitas yang terdapat di Pantai Pok Tunggal:

  1. Lahan Parkir

Lahan parkir yang tersedia di Pantai Pok Tunggal cukup luas, kok. Lahan ini cukup untuk menampung mobil dan motor para wisatawan.

  1. Toilet Umum

Setelah lelah bermain air pantai dan ingin pulang, pastinya Anda harus membilas tubuh dengan air tawar, bukan? Di pantai ini telah tersedia beberapa toilet umum yang bisa Anda gunakan untuk berganti pakaian maupun membilas tubuh setelah puas bermain dengan air pantai.

  1. Warung Makan

Lelah, lapar, dan dahaga menghampiri Anda setelah puas bercumbu dengan alam? Tenang saja, banyak warung makan yang siap mengobati lapar dan dahaga Anda.

  1. Persewaan Tenda dan Payung Pantai

Jika Anda ingin bermalam di pantai ini namun tidak memiliki tenda, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menyewa tenda di persewaan tenda di sekitar pantai. Selain itu, Anda bisa menyewa payung pantai atau gazebo di pinggir pantai untuk melindungi tubuh dari terik panas matahari siang.

  1. Musala

Bagi Anda yang beragama Islam, mengunjungi objek wisata yang tidak memiliki tempat khusus untuk melaksanakan ibadah mungkin merupakan satu hal yang tidak mengenakkan. Namun, tidak perlu khawatir. Di sana terdapat musala, sehingga Anda tetap bisa beribadah meskipun sedang bersenang-senang di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Untuk mengunjungi Pantai Pok Tunggal dan pantai gunungkidul lainnya, anda cukup sekali merogoh kantong saja. Yaitu ketika anda pertama kali masuk dalam TPR Pantai Gunungkidul, anda sudah bisa menjelajah pantai – pantai di sekitaran pok tunggal.

Berikut ini Harga Tiket Masuk Pantai di Gunungkidul :

Biaya Retribusi Pantai Gunungkidul = Rp 10.000 / org

Biaya Parkir Motor = Rp 3.000
Biaya Parkir Mobil = Rp 5.000
Biaya Parkir Bus  = Rp 25.000

Nah, itulah tadi ulasan mengenai salah satu pantai yang asri nan menawan di Gunungkidul, yaitu Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Pantai asri berpasir putih dan berpanorama indah ini patut untuk dikunjungi. Jangan lupa kunjungi pantai ini ketika anda ke Yogyakarta, ya.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment