pantai siung gunungkidul

Pantai Siung Gunungkidul, Surganya Para Pemanjat Tebing

Didominasi oleh perbukitan karst atau kapur, Kabupaten Gunungkidul selalu terlihat kering dan tandus. Namun, jangan pandang sebelah mata dulu, ya. Wilayah bagian selatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini ternyata menyimpan berbagai potensi wisata memikat bak mutiara dalam kerang, lo.

Ya, Gunungkidul memang mulai menunjukkan pesonanya sekarang. Berbagai objek wisata banyak bermunculan, seperti wisata gua dan pantai. Nah, di antara gugusan pantai yang menunjukkan pesonanya, Pantai Siung Gunungkidul mungkin bisa menjadi destinasi Anda. Terutama bagi Anda para pencinta olahraga ekstrem. Pantai ini jelas tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Lokasi dan Akses ke Pantai Siung

Pantai Siung Gunungkidul adalah sebuah objek wisata yang masih menggeliat dan berjuang menyaingi nama Pantai Baron atau Indrayanti. Meski belum setenar pantai-pantai di sekitarnya, pantai unik ini tak boleh dianggap remeh. Anda akan terpikat begitu datang ke pantai yang terletak Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pesonanya sungguh menakjubkan dengan berbagai pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan selama liburan di sini.

Apakah Anda penasaran dari mana asal nama Pantai Siung Gunungkidul? Menurut masyarakat sekitar, penamaan objek wisata ini didasarkan pada sebuah karang yang berbentuk seperti taring. Letaknya lebih menjorok ke laut jika dibandingkan dengan karang lainnya. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama Siung Wanara, yang dalam bahasa Jawa artinya gigi taring kera. Kera di sini merujuk pada kera ekor panjang yang hidup di sekitar wilayah ini dan sering muncul ketika malam tiba.

Untuk mencapai lokasi Pantai Siung Gunungkidul sebenarnya tidaklah sulit. Jalan menuju ke sini terbilang sudah cukup mulus dan terdapat penunjuk arah untuk mempermudah perjalanan Anda dengan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, Anda dianjurkan untuk memakai kendaraan pribadi supaya tidak membuang waktu.

Sebelum berangkat, pastikan kondisi kendaraan dan kondisi Anda dalam keadaan prima, karena jalur untuk menuju ke pantai ini cukup menantang. Anda akan melewati jalur yang penuh tanjakan dengan tikungan tajam. Jadi, Anda harus berhati-hati dan berkonsentrasi penuh ketika berkendara.

Setelah menempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 77 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan tiba di obyek wisata ini. Rasa lelah akan terhapus ketika Anda menyaksikan sendiri pesona yang ditawarkan oleh Pantai Siung Gunungkidul. Begitu memikat dan membuat siapa pun takjub pada pemandangan alamnya.

Apa yang Menarik di Pantai Siung?

Hamparan pasir putih yang luas akan menyambut Anda. Warnanya yang cantik akan semakin berkilau saat pasir putih tersebut berpadu dengan birunya air laut. Air laut di Pantai Siung sangat jernih, sehingga mata Anda bisa menangkap pemandangan terumbu karang yang hidup di dasar air.

Semua pemandangan itu akan tampak sempurna dengan adanya warna hijau dari pepohonan di perbukitan sekitar pantai. Bukit karang tinggi dan kokoh pun menjulang di kanan dan kiri, mengelilingi area Pantai Siung Gunungkidul. Selain itu, ombak yang berkejar-kejaran di tengah laut tak kalah memesona.

Gemuruh suara ombak menghantam karang-karang menyempurnakan suasana di Pantai Siung. Tak ketinggalan, angin laut pun ingin menunjukkan eksistensinya dengan memberikan sedikit kesegaran. Keindahan panorama ini bisa Anda nikmati sambil duduk-duduk di atas tikar beratapkan payung pantai yang bisa disewa di sekitar pantai.

Jangan lewatkan juga sensasi menyegarkan bermain air di Pantai Siung Gunungkidul. Di sini, Anda bisa menikmati segar dan dinginnya air di pinggiran pantai. Bermain air di area pantai yang dangkal pastinya akan membuat liburan Anda terasa mengesankan.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Siung

Jika Anda tidak mau melewatkan waktu hanya dengan duduk sembari menikmati pemandangan atau bermain air, Anda pun bisa berjalan mengelilingi objek wisata ini. Cobalah jelajahi bukit karst yang mengapit pantai. Tracking semacam ini cukup menantang untuk dilakukan, lo.

Namun, jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih menantang, Anda boleh melakukan aktivitas panjat tebing di bukit karang sebelah barat pantai. Ya, inilah keunikan Pantai Siung Gunungkidul yang tidak bisa Anda temukan di pantai lain. Objek wisata ini tak hanya menawarkan keindahan panorama pantai, tapi juga menawarkan medan panjat tebing untuk ditaklukkan oleh para pencinta panjat tebing.

Rock climbing di Pantai Siung Gunungkidul memang sudah terkenal di kalangan pemanjat tebing lokal maupun mancanegara. Para pemanjat tebing amatir dan profesional berlomba-lomba menaklukkan berbagai jalur di sini dengan beragam tingkat kesulitan.

Bahkan, tebing di pantai ini disebut-sebut sebagai the best climbing rocks site in Yogyakarta, lo. Hal ini menjadi alasan mengapa tebing ini tak pernah sepi dari para climber setiap akhir pekan. Jadi, jika Anda merasa tertantang untuk memanjat tebing dengan ketinggian 5 hingga 10 meter, tidak ada salahnya mencoba aktivitas tersebut di sini.

Ingin lebih dekat lagi dengan alam? Anda bisa mendirikan tenda di camping ground di Pantai Siung Gunungkidul. Anda bisa menikmati malam dengan alunan ombak dan angin yang merdu. Terdengar sangat mengasyikkan, bukan?

Sejarah Area Panjat Tebing di Pantai Siung

Awalnya, Pantai Siung Gunungkidul belum terlalu dikenal masyarakat. Namun, kedatangan para pemanjat tebing dari Jepang sekitar tahun 1989 mengubah segalanya. Mulai tahun 2005, pemerintah Yogyakarta menetapkan tebing di objek wisata ini sebagai lokasi khusus panjat tebing.

Pada tahun yang sama, diadakan pula kompetisi internasional Asean Climbing Gathering, yang diikuti oleh ratusan climber profesional dari berbagai negara. Mulai saat itu, nama pantai ini mulai menanjak dan menjadi lokasi favorit para pemanjat tebing.

Namun, kalau masih belum siap untuk mencoba olahraga ekstrem ini, Anda bisa berjalan-jalan dan menaiki sebuah area datar di atas tebing barat Pantai Siung Gunungkidul untuk menikmati pemandangan menakjubkan pantai dari atas. Di sini, Anda juga menantikan detik-detik cantiknya mentari kembali ke peraduannya. Sebuah momen yang tak boleh Anda lewatkan, terutama ketika cuaca cerah.

Fasilitas di Pantai Siung

Pantai ini tak hanya menawarkan keindahan semata, tetapi juga menawarkan banyak fasilitas. Berikut ini fasilitas yang bisa Anda nikmati.

  1. Warung Makan

Lapar dan dahaga bisa sirna seketika bila Anda bisa mampir ke warung-warung makanan di sekitar pantai. Anda bisa mencoba beragam menu sajian kuliner di sini.

  1. Toilet Umum

Jika sudah puas mengelilingi pantai dan berbasah-basah ria, Anda bisa mandi dan berganti pakaian di toilet umum ini.

  1. Musala

Bagi yang beragama Islam, Anda bisa berwisata dengan tanpa meninggalkan kewajiban salat. Ya, di pantai ini terdapat musala yang bisa Anda gunakan untuk menunaikan ibadah.

Nah, pesona Pantai Siung Gunungkidul sungguh menarik, bukan? Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk menyambangi obyek wisata ini, ya. Bagi Anda yang hobi memanjat tebing, Anda harus menjajal menaklukkan tebing di sini. Jadi, kapan Anda akan mampir ke sini?

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment