Puncak Becici Mangunan Bantul

Puncak Becici Bantul, Wisata Alam dari Ketinggian yang Membuat Turis Kagum

Objek wisata alam di Jogja memang tidak ada habisnya. Kamu bisa menjelajahi setiap sudut kota Jogja dan menemukan kekayaan budaya. Begitu pula dengan kekayaan alamnya yang menakjubkan. Ada beberapa objek wisata alam yang membuat turis kagum, contohnya seperti Puncak Becici Bantul.

Seperti namanya, Puncak Becici Bantul berada di tempat tinggi, jadi kamu dapat melihat keindahan alam di sekitarnya. Objek wisata yang satu ini terletak di kawasan Dlingo Bantul. Alamat lengkapnya di Dusun Gunungcilik RT 07/RW 02, Desa Muntuk Kecamatan Dlingo, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari atas Puncak Becici Bantul ini, kamu dapat menikmati kota Jogja dari tempat tinggi. Pemandangan di pagi, siang, sore, dan malam hari sanggup membuat banyak turis terkagum-kagum. Tidak heran bila foto Puncak Becici Bantul ini sering terlihat di media sosial tanah air, seperti Instagram dan Facebook.

Jika kamu tertarik melihat suasana kota Jogja pada waktu malam dengan ribuan lampu mewarnai penjuru bumi, maka Puncak Becici Bantul adalah pilihan tepat untuk spot terbaik. Selain itu, hamparan pohon Pinus Merkusii yang menjulang tinggi menambah daya tarik puncak ini.

Cara menuju objek wisata alam tersebut tidak sulit. Kamu bisa memakai kendaraan pribadi ke sana, atau menyewa motor jika kebetulan bukan penduduk Jogja. Tidak disarankan menggunakan transportasi umum karena jalanan cukup menanjak dan berliku-liku. Sewa motor di Jogja biayanya terjangkau, lo. Kamu dapat naik motor berdua, membonceng teman.

Berikut ini informasi mengenai Puncak Becici Bantul, yang kamu butuhkan:

Asal Mula Nama Puncak Becici

Puncak Becici Mangunan Bantul - Hutan Pinus

Tidak semua pengunjung mengetahui asal mula nama objek wisata alam yang satu ini. Ceritanya cukup menarik, apa kamu tertarik mendengarnya?

Ceritanya begini, kata Becici yang dipakai untuk nama puncak tersebut sebenarnya terdengar aneh di telinga penduduk sekitar. Becici sendiri berasal dari gabungan kata ‘ambeg’ dan ‘suci’, yang artinya berdiam diri sambil  berusaha menyucikan diri.

Puncak Becici Bantul ini berada di area Hutan Sudimoro 1 atau Becici Asri, dan menjadi bagian dari Hutan Lindung RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Awalnya tidak banyak turis yang mengetahui soal bukit indah ini. Seiring berjalannya waktu, puncak bukit Becici semakin terkenal, seperti Hutan Pinus Mangunan yang lebih dulu populer.

Konon, di area hutan ini terdapat petilasan yang bentuknya menyerupai makam manusia. Penduduk setempat memercayai bahwa petilasan itu jejak seorang sakti mandraguna. Orang itu bahkan dipercaya sebagai putra dari tokoh masyarakat di Desa Muntuk. Dia bertapa sampai meninggal dunia dan ingin dimakamkan di sana. Kebenarannya hanya Tuhan yang tahu.

Spot Asyik untuk Merekam Gambar di Puncak Becici

Puncak Becici Mangunan Bantul.2

Setelah kamu sampai ke kawasan Puncak Becici Bantul ini, segera pilih spot-spot asyik untuk merekam keindahan pemandangan hutan pinus. Jika bukan libur nasional atau akhir pekan, objek wisata ini cenderung sepi. Kamu bisa bebas merekam gambar video dari telepon selulermu, atau ber-selfie ria di tengah pohon pinus yang menjulang tinggi.

Ada beberapa spot asyik yang dapat dijadikan referensi saat kamu berwisata ke sini. Contohnya:

  • Spot di atas puncak bukit, tempat tulisan besar “Puncak Becici” dari papan kayu yang dibuat sederhana. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang kota Jogja. Coba datang saat malam hari, dijamin hasil foto kamu semakin indah, diterangi cahaya lampu yang terlihat jauh di tengah kota.
  • Spot di tengah-tengah hutan pinus. Kamu dapat memilih pohon pinus yang terlihat indah, untuk ditampilkan di media sosialmu. Meski di beberapa tempat terlihat bekas sadapan getah, karena hutan ini penghasil getah pohon, hasil foto kamu bisa tampil layaknya foto profesional. Asal kamu tahu cara terbaik mengambil sudut fotonya.
  • Spot khusus dekat gazebo sederhana dan bangku kayu panjang. Kamu bisa mencoba berbagai gaya saat duduk di gazebo atau bangku kayu itu. Ajak beberapa teman atau keluarga untuk berfoto bersama, lalu unggah ke Instagram.
  • Spot yang berada di tengah lahan camping ground. Lahan atau area ini tidak terlalu besar, tapi cukup luas untuk memasang tenda dan berkemah di sana.
  • Spot dekat pagar besi pengaman yang letaknya di tepi tebing. Namun kamu harus berhati-hati ketika berfoto nanti. Ajak teman untuk memotret dirimu, jangan selfie terus ya.
  • Spot di dalam atau di atas gardu pandang. Gardu pandang yang disediakan pihak pengelola menjadi incaran banyak kaum muda untuk berpose dan mengambil foto dengan latar belakang gardu pandang ini.

Beberapa Fasilitas Menarik di Puncak Becici Bantul 

Meski tidak banyak, ada beberapa fasilitas menarik di Puncak Becici Bantul. Misalnya gardu pandang, ayunan kayu, gazebo sederhana dan bangku kayu panjang dari batang pinus, tersedia untuk turis yang ingin beristirahat atau duduk santai.

Jika merasa lapar, kamu pun bisa mendatangi gubuk-gubuk yang tersebar di objek wisata tersebut. Penduduk setempat berjualan makanan dan minuman bagi para turis dengan harga terjangkau.

Nah, setelah membaca informasi mengenai Puncak Becici Bantul ini, apakah kamu tertarik mengunjunginya? Jangan lupa rencanakan perjalanan wisata kamu jauh-jauh hari sebelumnya. Siapkan daftar objek wisata di Jogja yang ingin kamu kunjungi, bersama teman dekat atau keluarga tercinta. Menyenangkan bukan jika bisa jalan-jalan ke kawasan alam seperti Puncak Becici ini. Selamat berwisata, ya.

Rute Menuju Puncak Becici Bantul

Rute atau arah menuju Puncak Becici Bantul Yogyakarta ini tidaklah sulit. Ada banyak rute yang bisa kamu tempuh, saat akan menuju ke Puncak Becici Bantul:

Kota Jogja -> ambil arah menuju ke Jalan Imogiri Barat, kemudian ke Terminal Giwangan Yogyakarta, lalu pilih arah menuju perempatan terminal, setelah itu lurus terus ke arah selatan menuju makam para raja atau yang dikenal dengan Makam Imogiri. Setelah itu ikuti rute menuju Mangunan arah atas, kamu bisa melewati Hutan Pinus Mangunan lebih dulu, kemudian terus ke atas dan cari papan petunjuk jalan/arah berukuran kecil menuju ke Puncak Becici Bantul.

Anda juga bisa menggunakan maps dari Google, untuk mendapatkan petunjuk jalannya. Berikut ini peta dari Google :

 

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lain

Objek wisata alam yang dulunya dikenal sebagai hutan produksi penghasil getah pinus, sebagai bahan dasar gondorukem dan terpentin ini, memang memiliki pemandangan yang cantik. Apalagi dilatarbelakangi pohon pinus yang suasananya sepi dan syahdu.

Lalu, berapa harga tiket masuk dan biaya lainnya untuk berwisata ke Puncak Becici Bantul?

Kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiket masuk gratis, alias tidak dipungut biaya. Namun, kamu harus menyiapkan biaya parkir kendaraan yang berbeda untuk mobil dan motor. Jika kamu mengendarai motor dan parkir di sini, kamu cukup membayar Rp 3.000,00. Apabila kamu membawa mobil, biaya parkirnya adalah Rp 10.000,00. Sangat murah, ya?

Puncak Becici Bantul buka setiap hari untuk turis domestik dan mancanegara, yang tertarik menikmati keindahan panorama hutan pinus. Waktu terbaik untuk datang dan melihat kota Jogja adalah pagi hari, saat matahari terbit. Bisa pula di waktu terbenamnya matahari.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

2 Comments

  • adinda nila
    adinda nila
    03.07.2017

    gak bosen kesini karena pemandangannya yang bikin ketagihan hehe

    • Contributor
      Contributor
      09.07.2017

      Ayooo.. kapan kesini lagi kak?? Share foto – fotonya yah

Leave a Comment