tebing-breksi-jogja

Beraksi dan Berfoto Selfie di Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi Jogja, merupakan salah satu bukti nyata hasil kreativitas manusia yang terlahir dari sebuah kondisi yang tidak menyenangkan. Geohritage dan tempat wisata yang terbilang baru di Jogja ini dulunya merupakan sebuah kompleks penambangan batu kapur. Masyarakat sekitar tebing breksi ini sebagian besarnya merupakan penambang batu kapur.

Terletak di Pedukuhan Nglengkong, Kelurahan Sambirejo, Kabupaten Sleman, Tebing Breksi Jogja telah berubah statusnya, dari kawasan pertambangan batu kapur menjadi cagar budaya pada bulan Mei 2015, yang diresmikan langsung oleh Sultan Hamengku Buwono X.

Larangan untuk menutup tambang kapur tersebut muncul setelah sejumlah peneliti menemukan jika batuan kapur yang terdapat di Breksi ternyata merupakan hasil dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Oleh karena itulah, kawasan Breksi kemudian termasuk di dalam cagar budaya yang harus dilestarikan.

Dengan berubahnya status dari tempat penambangan menjadi geoheritage, otomatis mata pencaharian masyarakat sekitar sebagai penambang kapur terputus. Namun, mereka tidak protes dan kemudian menuntut. Tetapi dengan kreativitas yang luar biasa, masyarakat sekitar justru menyulap bekas tambang kapur tersebut menjadi sebuah objek wisata yang menakjubkan.

Sebagai cagar budaya, Taman Tebing Breksi memang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Tidak heran jika kemudian masyarakat sekitar memanfaatkan hal tersebut dengan membuat kawasan Breksi menjadi lebih indah dan menarik.

Tebing Breksi Jogja berada di kawasan yang sama dengan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko. Lokasinya juga kurang lebih berjarak 7 Km dari Prambanan. Apa saja aksi yang menarik yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke tempat satu ini? Berikut merupakan kegiatan dan hal-hal yang bisa Anda dapatkan saat berwisata di Tebing Breksi Jogja.

Apa Yang Menarik Di Tebing Breksi Jogja

Melihat Panorama Yang Cantik

pemandangan tebing breksi jogja

Panorama yang cantik merupakan hal pertama yang akan Anda dapatkan ketika memasuki kawasan Breksi ini. Tempat yang lapang dan luas, tidak akan menghalangi Anda untuk dapat melihat keindahan alam yang menyelimuti Tebing Breksi. Dengan adanya perbukitan kapur yang tersusun rapi, Anda dapat naik ke atasnya untuk dapat melihat panorama yang lebih jelas.

Anda dapat dengan mudah melihat dua gunung megah, Merbabu dan Merapi, yang berdiri kokoh di utara Breksi yang berlatarkan langit biru yang jernih. Anda juga dapat melihat keindahan kompleks Candi Prambanan yang melegenda. Di Timur dan Selatan, Anda bisa melihat sungai yang berkelok-kelok menembus perbukitan dan asrinya perkampungan warga sekitar. Di tempat ini, Anda juga dapat menikmati keelokan fajar dan senja tanpa harus berpindah tempat.

Untuk dapat memanjat tebing-tebing yang ada, Anda juga tidak perlu kesusahan. Ada anak tangga yang sengaja dibuat untuk dapat membantu para wisatawan yang datang untuk dapat menikmati keindahan panorama dari atas.

Tlatar Seneng

Tlatar Seneng merupakan salah satu aksi favorit yang ada di kawasan Tebing Breksi Jogja. Area panggung luas, dengan dilengkapi tempat duduk melingkar serta panggung berdiameter kurang lebih 15 meter ini, merupakan tempat pertunjukan pentas seni yang sering digelar di kawasan Breksi.

Sebagai tempat wisata, Taman Tebing Breksi juga harus bisa memenuhi keinginan para wisatawannya. Dengan adanya Tlatar Seneng, wisatawan dapat dipuaskan dengan atraksi hiburan yang digelar di tempat tersebut, seperti pertunjukan musik, pentas teater, ataupun pagelaran kesenian tradisinonal yang lainnya.

Ke depannya, di Tlatar Seneng nanti akan dilakukan pertunjukkan seni dari pagi hingga malam hari. Saat ini, pagelaran seni belum terlalu sering digelar.

Pahatan yang Mempesona

pahatan tebing breksi jogja

Bukan hanya mengandalkan panorama kecantikan susunan tebing kapur dan pagelaran seni saja, tetapi Tebing Breksi Jogja juga menampilkan karya seni istimewa, berupa pahatan-pahatan yang ditampilkan di sisi-sisi tebing.

Bukan orang sembarangan lo yang memahat karya seni ini, tetapi seniman-seniman asli Jogja dengan bakat luar biasa yang mengerjakannya. Pahatan yang terkenal di Taman Breksi ini adalah pahatan wayang raksasa yang terpampang di salah satu dinding tebing.

Sebagai cagar budaya, lokasi ini juga disiapkan sedemikian rupa agar dapat tertata rapi. Pahatan-pahatan yang ada di Tebing ini bertujuan untuk dapat mengenalkan kepada wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, tentang kearifan dan keunggulan budaya Jogja.

Spot Foto Keren

tempat selfie tebing breksi jogja

Zaman sekarang ini, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi sebuah objek wisata tanpa berfoto-foto. Tenang saja, Tebing Breksi Jogja memiliki banyak sekali spot foto kerena yang sayang jika dilewatkan.

Contohnya seperti lokasi-lokasi yang sudah disebutkan di atas. Tentu, Anda tidak akan melewatkan berfoto dengan latar belakang kemegahan Merapi, pahatan wayang raksasa, atau duduk melingkar bersama teman-teman di Tlatar Seneng.

Sediakan memori yang cukup besar untuk kamera dan ponsel Anda. Karena Anda tidak akan puas ber-selfie dan memotret keindahan alam yang ada di sana.

 

Tips Jika Berkunjung Ke Tebing Breksi Jogja

Sebelum berkunjung ke Tebing Breksi Jogja, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dahulu sebelum berangkat, seperti:

  • Gunakan alas kaki yang aman dan dapat digunakan di tempat berbatu.
  • Bawalah air minum, karena pasti Anda akan lelah berkeliling dengan berjalan kaki di kawasan tersebut. Ditambah dengan naik dan turun tangga tebing.
  • Bawa juga penutup kepala atau payung, karena Taman Tebing Breksi merupakan area terbuka luas dengan cuaca yang cukup terik pada siang hari.
  • Jangan bersandar pada tali pembatas di area sekitar Tebing Breksi Jogja, karena tali tersebut tidak kuat untuk menahan beban anda.
  • Tetap menjaga lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak keindahan tebing dengan aksi-aksi yang tidak diinginkan.
  • Karena fasilitas yang ada masih belum maksimal, sebaiknya Anda dapat menyesuaikan waktu ketika mengunjungi lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja

Untuk ukuran tempat wisata yang memukau, Tebing Breksi Jogja menawarkan tiket gratis atau biaya sukarela alias tidak ditentukan. Sedangkan untuk biaya parkirnya cukup murah, yaitu hanya Rp2.000,00 saja untuk motor. Sedangkan untuk mobil Tiket parkirnya Rp 5.000 / mobil.

Sebaiknya, hindari waktu seperti akhir pekan atau hari libur ketika berkunjung ke sana jika ingin menikmati keindahan Tebing Breksi dengan maksimal. Pada hari-hari libur, kawasan Breksi sangat dipadati oleh pengunjung. Anda tentu akan sedikit kesulitan ketika ingin menikmati panorama yang ada dengan tenang.

Karena masyarakat sekitar ikut andil dalam pembangunan kawasan wisata ini, mereka selalu peduli dan menjaga lokasi wisata agar aman dan nyaman saat dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, Anda tidak perlu takut ketika akan berkunjung.

Satu lagi, di Tebing Breksi Jogja setiap harinya ada wisata off road. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk acara perkumpulan komunitas. Ke depannya lagi, pihak pengelola juga akan menyiapkan wisata outbond untuk pengunjung.

Bagaimana? Jogja selalu menawarkan keseruan baru untuk Anda, bukan? Segera kunjungi Tebing Breksi Jogja dan nikmati keindahan alam yang ditawarkan dari bekas pertambangan batu kapur.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment