The-Lost-World-Castle

Berkunjung ke The Lost World Castle Sleman, Wisata Kekinian di Yogyakarta

The Lost World Castle. Sleman, merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian dari daerahnya merupakan pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Merapi. Di daerah penghasil salak pondoh ini, terdapat beberapa objek wisata yang memukau. Bukan hanya Gunung Merapi saja yang menjadi primadona wisata Sleman, tetapi masih banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Beberapa di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Kaliurang, Monumen Yogya Kembali, Museum Affandi, Museum Dapur Tradisional, Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Stadion Maguwoharjo, Candi Gebang, dan Candi Ijo.

Selain objek wisata di atas, Sleman juga memilki tempat rekreasi baru dan sangat menarik perhatian. The Lost World Castle Sleman, tempat wisata baru di Sleman yang mendadak menjadi hit di awal tahun 2017 ini. Sedianya, The Lost World sendiri akan menjadi sebuah kawasan wisata yang dibangun di daerah Cangkringan, Sleman.

Lokasi The Lost World Castle Sleman

Lokasi persisnya berada di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Cangkirngan, Kabupaten Sleman. Nama The Lost World sendiri kemungkinan terinspirasi dari bagaimana dahsyatnya letusan gunung merapi yang membumi hanguskan Desa Kepuhrejo rata dengan tanah. Seolah muncul kembali, Desa Kepuhrejo yang hilang kini kembali ditemukan dengan kastel yang berdiri kokoh.

Awal Pembangunan The Lost World Castle

Daerah ini memang terkena dampak yang cukup parah pada erupsi Gunung Merapi tahun 2010 yang lalu. Tahun demi tahun berjalan, sebagai pengingat sekaligus menjadi alternatif wisata yang baru, di tempat ini kemudian dibangun kawasan The Lost World yang diharapkan dapat menjadi tempat pilihan wisata masyarakat Yogyakarta ataupun masyarakat luar lainnya.

Pembangunan kawasan ini juga melibatkan warga sekitar. Penggunaan sumber daya manusia lokal ini tentu membantu membuat kawasan tersebut menjadi lebih baik lagi. Bukan hanya ikut membangun, masyarakat sekitar juga sangat diharapkan untuk ikut membantu menjaga kenyamanan dan keamanan kawasan tersebut.

Meskipun pembangunan kawasan wisata ini belum sepenuhnya selesai, tetapi tempat ini sudah dipadati oleh wisatawan dan ramai dibicarakan di media sosial. Bangunan kastel di kawasan inilah yang menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk dapat berfoto-foto di tempat ini.

Bagi para netizen, yang tidak mau kalah hit dan kekinian dengan teman-temannya yang lain, mengunjungi tempat wisata seperti The Lost World Castle Sleman hukumnya wajib. Di samping melepas penat, banyak spot foto terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja hal-hal menarik yang bisa Anda temukan di The Lost World Castle Sleman? Berikut ulasannya:

 

Pemandangan yang Mempesona

Berada di kaki Gunung Merapi, membuat udara di kawasan The Lost World mejadi sejuk dan dingin. Dari sini pula Anda dapat melihat langsung pemandangan Gunung Merapi yang memesona. Kemegahannya dapat membuat Anda terhipnotis dan seperti sedang berada di dunia lain yang hilang.

Usahakan agar bisa datang ke objek wisata ini ketika pagi hari. Udara yang lebih sejuk dan penuh kabut membuat foto-foto yang Anda ambil menjadi lebih keren. Sore harinya, Anda bisa berburu foto sunset dengan latar belakang Gunung Merapi yang tidak boleh dilewatkan.

Selain pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan, Anda juga dapat ber-selfie ria dengan latar belakang bangunan kastel yang tidak kalah cantik. Pastinya, Anda tidak akan bosan dengan pemandangan alam sekitar yang ditawarkan oleh tempat ini.

 

Bentuk Kastel yang Unik

The Lost World Castle Sleman sebenarnya belum dibuka secara resmi. Meskipun sudah dibangun sejak sekitar setahun yang lalu, tetapi kawasan wisata di Cangkringan ini belum sepenuhnya selesai. Dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar, bangunan yang berdiri di atas lahan tersebut dibangun menggunakan batuan magma.

Bentuk bangunan kastel juga sangat menarik. Kastel dibangun menyerupai tembok besar Tiongkok, tetapi ada juga yang mengatakan jika bangunan kastel mirip dengan Benteng Takeshi, seperti yang ditampilkan di acara TV dari Jepang. Keunikan bangunan inilah yang membuatnya kemudian menjadi terkenal lewat media sosial seperti Instagram.

Selain bangunan yang menarik dan menjadi tempat yang cocok untuk berfoto, di kawasan ini juga dapat ditemukan berbagai macam benda sisa dari erupsi Gunung Merapi. Benda-benda sisa dari erupsi merapi ini merupakan benda-benda asli yang dikumpulkan oleh pihak pengelola dari warga sekitar.

 

Harga Tiket Masuk The Lost World Castle

Untuk dapat menikmati keindahan dan berfoto-foto dengan bebas di The Lost Castle Sleman ini, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000,00 saja. Ditambah dengan biaya tiket parkir Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Karena masih tergolong baru, objek wisata ini masih memiliki sedikit fasilitas. Namun, dalam perkembangannya, tempat ini nantinya akan menjadi kawasan wisata edukasi yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak.

 

Tempat Berkumpul dan Bersenang-senang

Tempat yang sangat luas membuat Anda dan teman-teman bisa berkumpul dan bersenang-senang sepuasnya di kawasan ini. Lokasi ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan outdoor. Bukan hanya bersama dengan teman-teman, tetapi juga bersama dengan keluarga dan orang-orang tersayang.

Karena didesain sebagai wisata edukasi, The Lost World juga menyediakan beberapa wahana-wahana seru yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Salah satunya adalah miniatur situs Stonhenge yang ditiru dari situs aslinya di Inggris. Selain berfoto di kastel yang megah, Anda dapat pula berfoto di lokasi yang satu ini.

Karena pembangunan yang dilakukan belum selesai dengan sempurna serta belum diresmikan oleh pengelola, detail mengenai kawasan wisata ini juga belum banyak diketahui. Selama ini, kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung hanya berburu foto-foto dengan latar kastel yang megah untuk dipamerkan di dalam media sosial yang mereka miliki.

Bagaimana cara berkunjung ke lokasi tersebut tanpa takut tersasar?

Bagi Anda yang masih bingung atau tidak terlalu mengandalkan ponsel pintar sebagai penunjuk jalan, Anda dapat mengikuti rute berikut ini untuk bisa sampai di kawasan The Lost World.

Dari Kaliurang, Anda dapat berjalan menuju Kaliadem. Ambil jalan melalui jalan Bebeng – Dusun Petung. Setelah lewat Dusun Petung, temukan Kopi Merapi, setelah melewatinya, terus ke arah timur dan Anda akan dapat menemukan bangunan kastel megah dari kejauhan.

Sayangnya, belum selesai dibangun, kawasan wisata ini terbentur polemik. The Lost World Castle Sleman masih belum memiliki izin dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Alasannya, karena kawasan wisata ini berada di daerah kawasan rawan bencana (KRB). Di dalam aturan, hanya melarang untuk tidak membangun kawasan penginapan atau permukiman di atas lahan KRB.

Boleh tidaknya bangunan The Lost World berdiri di atas lahan KRB, semuanya tergantung dari kebijakan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, dan kawasan permukiman, serta BPBD Sleman.

Pihak manajemen The Lost World Castle Sleman sendiri saat ini masih berupaya untuk mendapatkan izin dari dinas pariwisata setempat agar pembangunan kawasan wisata baru ini dapat berjalan dan dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Share Artikel Ini

Contributor

About Contributor

Kami merupakan para pekerja pariwisata Jogja yang selalu menyukai traveling dan juga memburu obyek wisata di Jogja. Setiap minggu, jika tidak ada jadwal guide, kami selalu "blusukan" mencari tempat wisata yang baru dan menarik.

No Comments

Leave a Comment